Tambah Perkasa, Pesawat KF-X/IF-X Akan Dipersenjatai Rudal Meteor

Perkembangan pembuatan oesawat KFX / IF-X yang joinan antara korsel dan Indonesia ini makin menggiurkan speknya.

Yang terbaru, untuk senjata udara ke udara, akan menggunakan rudal BVRAAM METEOR. Salah satu senjata pemburu pesawat tempur terbaik. BVRAAM = beyond visual range air-to-air missile.

Meteor merupakan rudal BVRAAM generasi baru yang dikembangkan berdasarkan perjanjian kerja sama antara Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swedia, dan Inggris.

Korea Fighter eXperimental (KF-X ) ini merupakan pesawat tempur generasi kelima yang diproyeksikan untuk Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF) dan TNI AU Indonesia.

Kontrak untuk rudal Meteor ini sudah ditandatangin antara MBDA dan KAI pada Pameran Internasional Penerbangan dan Pertahanan (ADEX) 2019 Seoul yang dihelat pada pertengahan Oktober, tetapi baru diumumkan oleh MBDA pada 22 November 2019.

kontrak tersebut memberikan “transfer teknologi dan pembuatan semua peralatan uji yang dibutuhkan untuk menyelesaikan integrasi pada pesawat, termasuk dukungan integrasi dan peluru kendali untuk keperluan uji coba, “kata juru bicara MBDA kepada Janes.

Sementara itu, integrasi rudal Meteor dan platform uji coba pada pesawat tempur KF-X terkait dengan waktu yang telah disepakati untuk program platform.

Program pesawat tempur KF-X mencakup produksi enam pesawat prototipe dengan platform purwa rupa awal yang direncanakan selesai pada paruh pertama 2021, dan uji penerbangan pada 2022; penyelesaian uji coba platform dan pengembangan diharapkan pada pertengahan 2026, dengan batch produksi awal sekitar 150-200 pesawat yang dijadwalkan untuk jangka waktu 2026-32. DAPA akan meluncurkan program KF-X Block 2 pada tahun 2021, yang mencakup pengembangan rongga senjata internal (internal weapon bays).

Baca Juga:  Menhan: Swedia Adalah Negara Nonblok Sama Dengan Indonesia

Sumber: janes.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan