Tambah Kekuatan, Yonkav 8 Kostrad Diperkuat 9 Tank Leopard Terbaru

Batalyon Kavaleri (Yonkav) 8 Kostrad adalah salah satu Satuan Bantuan Tempur dibawah komando Divisi Infanteri 2 Kostrad yang bermarkas di Beji, Pasuruan. Pada hari Minggu (09/04/2017) mereka mendapat kiriman 10 Alutsista baru jenis kendaraan tempur (Ranpur), 9 Tank MBT (Main Battle Tank) Leopard 2A4 Revolution dan 1 unit Tank AVLB (Armoured Vehicle Launched Bridge) yang baru tiba dari Jerman.

Dilihat dari segi teknologi, Tank Leopard yang baru saja didatangkan ini lebih canggih dengan leopard yang sudah ada di Satuan Yonkav 8 Kostrad. Walaupun kebutuhannya masih belum tercukupi, namun spesifikasinya sudah sesuai dengan ketentuan standar yang dikehendaki Satuan dan rencananya masih ada sekali lagi pengiriman dari Jerman yang diproyeksikan ke Yonkav 8 Kostrad ini.

Alutsista tersebut dikirim dari Yonkav 1 Kostrad, Cijantung dan diterima langsung oleh Komandan Batalyon, Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H. “Kita boleh berbangga hati karena kekuatan tempur Satuan akan meningkat. Namun dengan datangnya Alutsista ini berarti tugas dan tanggung jawab kita juga semakin bertambah, seluruh prajurit dituntut lebih profesional”, tegasnya.

Yonkav 8 Kostrad akan segera menyusun personel untuk mengawaki Ranpur yang baru diterima ini untuk kepentingan penggunaan dan pemeliharaan.


“Dengan adanya Alutsista yang semakin modern, maka kita harus memaksimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh Alutsista tersebut untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional”, ungkap Hermawan.


Hermawan juga menambakan, “Profesionalisme prajurit kavaleri adalah bagaimana ia dapat menggunakan secara optimal kemampuan yang dimiliki oleh Alutsistanya dengan permasalahan taktik dan teknik bertempur. Diharapkan Kemampuan MBT Leopard ini dapat bersinergi dengan kemampuan kecabangan lain yang juga mengalami modernisasi”, harapnya.

Baca Juga:  Jadi Negara Ketiga, 2 Unit Sukhoi Su-35 Diharapkan Tampil di HUT TNI 2018

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan