Tank Harimau Hitam Buatan Indonesia-Turki Siap Diuji TNI

Tank kelas medium buatan kerjasama antara Indonesia dan Turki siap diuji TNI. Tank tersebut pernah dipamerkan pada HUT TNI ke-72 di Cilegon, Merak.

Tank tersebut diberi nama MT Kaplan oleh Turki. Sedangkan Indonesia memberinya nama “Harimau Hitam”.

Produksi tank tersebut digarap bersama antara PT Pindad Indonesia dan FNSS Savunma Sistemleri Turki.

Kabar terbaru, Tank Harimau Hitam akan segera menjalani uji kualifikasi yang diadakan TNI AD antara Mei dan Juli 2018.


“Sebuah prototipe Kaplan MT (Harimau Hitam) kini sudah ada di Indonesia, dan yang kedua akan dirakit di fasilitas PT Pindad di Bandung. Kedua prototipe tank ini yang rencananya ikut dalam tes kualifikasi yang akan dilakukan TNI AD,” ujar pihak FNSS, dikutip dari Janes.com (18/4/2018) dalam ajang Defense Services Asia (DSA) 2018.

Setelah uji ini selesai. Selanjutnya akan dilakukan penandatanganan kontrak antara pemerintah Indonesia dan Turki untuk pengadaan unit tank sesuai kebutuhan masing-masing dan biaya yang harus ditanggung bersama.

Unit pertama diharapkan sudah bisa dikirim dua tahun sejak kontrak disepakati.


Prototipe pertama Modern Medium Weight Tank (MMWT) Kaplan MT pertama kali diperkenalkan FNSS pada Mei lalu di ajang IDEF 2017 – Istanbul, Turki.

Sampai saat ini, sudah ada dua prototipe tank ini, yang satu unit di Turki dan satu lagi di Indonesia.

Baca Juga:  Pangarmabar Inspeksi KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 yang Akan Laksanakan Penembakan Rudal C-705 dan C-802

Tank kelas Medium ini juga menarik perhatian negara-negara di Asia dan Timur Tengah. Ini pasar besar yang bisa digarap oleh PT Pindad di masa mendatang.

Tank ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 70 km per jam, sementara jarak jelajahnya sampai 450 km. Dengan sokongan mesin diesel pada bagian belakang, Kaplan MT punya powerpack dengan performa tinggi dan mengadopsi sistem transmisi otomatis.

Dari sekian karakter yang menarik pada Modern Medium Weight Tank (MMWT) ini adalah penggunaan kubah meriam Cockerill 3105 kaliber 105 mm buatan CMI, Belgia. Jenis kubah meriam ini juga yang akan digunakan pada X18 tank boat produksi PT Pindad dan PT Lundin Industry Invest.

2 Komentar

  1. Segera di tindak lanjuti dg order. Yg terpenting adalah order. Tanpa order hanyalah hayalan nasional. 100 unit kecillah untuk kemajuan bangsa. Kekurangan pasti ada. Namun bisa disempurnakan sambil jalan. Dg versi2 berikutnya. .

Tinggalkan Balasan