Tank M1 Abrams Amerika, Adopsi Sistem Active Trophy Israel

Angkatan Darat Amerika Serikat akan mengadopsi sistem proteksi Tank Merkava Israel ke Tank andalanya, M1 Abrams. Jumat (22/02) AD AS telah merilis gambar pertama dari tank Abrams versi berikutnya yang dilengkapi dengan APS (active protection system).

APS hard-kill Trophy HV dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems Israel, yang selama ini telah teruji di medan perang. Sistem APS itu telah terpasang pada MBT M1 Abrams di pangkalan Yuma Proving, salah satu instalasi militer terbesar di dunia.

Tank Abrams terbaru ini memakai kode M1A2C (yang juga dikenal sebagai M1A2 SEPv3) adalah varian terbaru dari tank Abrams yang sedang diproduksi.


Versi dikembangkan berdasarkan keluhan ruang kabin, berat dan daya mesin yang teridentifikasi selama Operation Iraqi Freedom dan akan menjadi varian dasar untuk semua peningkatan secara bertahap di masa depan.


Selain memiliki peningkatan kemampuan survivabilitasnya, Abrams M1A2C dapat menampung teknologi yang telah matang yang dianggap relevan oleh AD AS secara operasional. Perbaikan fokus pada peningkatan margin daya listrik, Vehicle Health Management Systems, perlindungan terhadap IED yang terintegrasi, Auxiliary Power Unit baru, datalink untuk pelatihan dan amunisi.

Tank ini akan menjadi tank Abrams yang paling handal yang pernah diproduksi, akan mengurangi beban logistik AD AS, dan akan membawa AD AS dalam konektivitas tingkat tinggi ke sistem pemeliharaan dan pasokan.

Baca Juga:  Rusia Pilih Thailand Untuk Buka Bengkel Perawatan Helikopter, Indonesia Ngaploo?

M1A2C dilengkapi APS Trophy yang mengeliminasi ancaman musuh seperti rocket propelled grenade dan rudal anti-tank.

Produksi sistem tersebut akan dilakukan secara kolaborasi antara General Dynamics Land Systems, Leonardo DRS, dan Rafael Advanced Defence Systems Ltd.

Sumber : defence-blog.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan