Tank MBT Altay Turki Bakal Dilengkapi Kubah Aktif Seperti Merkava Israel

Menurut situs web berita Turki Gazet Vatan, Tank Tempur Utama (MBT) buatan Turki, Altay, akan diserahkan dalam tiga konfigurasi yang disebut T1, T2 dan T3. Varian terbaru T3 yang dijadwalkan untuk dilakukan kualifikasi pada 2024, akan dilengkapi dengan turret tak berawak dan sistem pemuatan amunisi otomatis. Hampir mirip dengan active doom pada Tank MBT Merkava milik Israel.

Kontrak produksi MBT Altay secara resmi diumumkan pada November 2018 oleh perusahaan Turki BMC, yang dipilih oleh Kantor Kepresidenan untuk Industri Pertahanan Turki (SSB) sebagai pemenang untuk memproduksi total 250 MBT Altay.

MBT Altay standar akan memiliki empat awak termasuk pengemudi, komandan, penembak dan loader. Persenjataan utama Altay terdiri dari satu meriam smoothbore 120 mm 55 caliber yang cocok untuk berbagai jenis peluru.


Batch pertama terdiri dari 40 unit yang disebut sebagai T1 akan dilengkapi dengan APS (Active Protection System) dan add-on-armor yang diproduksi oleh perusahaan Turki Roketsan, batch kedua terdiri dari 210 unit akan merupakan versi T2, yang akan mencakup banyak perbaikan, seperti armor baru, konfigurasi ruang amunisi yang terisolasi, kemampuan menembak dipandu Laser, mode pelatihan untuk awak dan kamuflase jaring mobile. Versi Altay T3 akan dibuat dengan turret tak berawak dan sistem pemuatan amunisi otomatis baru, yang akan menyaingi tank tempur utama buatan Rusia, T-14 Armata.

Baca Juga:  Pesawat Tempur AU India Jatuh Lagi, Kali Ini MIG-23 dan Sebuah Helikopter

Versi spesifik lainnya dari MBT Altay yang akan diserahkan kepada angkatan bersenjata Turki adalah versi ARV (Armored Recovery Vehicle) dan kendaraan pembersih ranjau berdasarkan varian T1.

Prototipe pertama MBT Altay dikembangkan dan diuji oleh perusahaan Turki Otokar, dan versi “Urban Operation Variant” telah dipamerkan pada Mei 2017 pada pameran pertahanan IDEF di Istanbul.


Sumber : armyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan