Tank MBT Karar Buatan Iran Mulai Aktif Bertugas

Pada 22 November 2020 lalu, tentara Iran telah menerima versi terbaru dari Tank Kelas Berat (MBT) Karrar, tank buatan Iran sendiri telah menyelesaikan seluruh uji coba terakhir dan sekarang siap dikirim untuk mulai aktif berdinas dalamn layanan militer.

Karrar merupakan main battle tank generasi terbaru yang dirancang dan dikembangkan oleh industri pertahanan Iran. Menurut analisis sebelumnya, Karrar sendiri dibuat berdasarkan buatan Soviet yaitu T-72 dengan menampilkan turret dan baju besi baru, sedangkan desain tanknya nampaknya sangat mirip dengan T-90MS.

Menurut industri pertahanan Iran, Karrar memiliki kemampuan menembakkan peluru anti-tank dari meriam 125mm miliknya, turret dilengkapi sistem automatic loader yang dipasang pada lantai turret dan juga pada dinding belakang turret.

Karrar juga di lindungi dengan ERA baru dipasang di bagian depan lambung dan di sekitar turret yang bisa menjadi salinan ERA Relikt Rusia, begitu juga atap turret terpasang ERA untuk memberikan perlindungan dari top-attack. Sisi lambung juga dilengkapi dengan pelat baja tambahan serta lapis baja slat yang dipasang di bagian belakang lambung dan di bagian belakang turret.

Sumber: armyrecognition.com

Baca Juga:  Mogok, Kapal Induk Rusia Jadi Bahan Lelucon

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan