Tank MBT T-90M Siap Perkuat Rusia Sembari Nunggu Tank Armata

Tank generasi baru T-14 Armata Rusia masih belum diproduksi. Meskipun spesifikasi dan kehebatan tank tersebut di atas kertas sudah menghebohkan jagad militer.

Nah sembari nunggu kesiapan T-14 Rusia mengambil langkah pragmatis dengan akan menggunakan tank T-90M. Ini adalah model terbaru dari dinasti T-72 dari pabrikan Uralvagonzavod.

Besar kemungkinan Rusia memgambil langkah ini kuga untuk menyelamatkan nasib orderan T-90M dari Venezuela yang dibatalkan setelah diterpa krisis ekonomi.


T-90M sendiri menawarkan banyak keunggulan mulai dari mesin baru dengan daya besar, sistem pengisi amunisi baru, komputer pengendali tembakan yang lebih modern, dan kemampuan untuk memprogram proyektil untuk meledak pada jarak tertentu.

T-90M juga dilengkapi modul ERA atau balok reaktif baru yang menyelimuti seluruh tubuhnya, ditambah pagar yang melindungi ruang mesin. T-90M menerima perlakuan khusus berupa demagnetisasi yang membuatnya tidak bisa dihadang oleh ranjau yang bekerja dengan magnet dan menempel ke kolong kendaraan.

AD Rusia sendiri tercatat membeli satu batalyon dulu, dengan pabrikan Uralvagonzavod akan menyerahkannya dalam waktu dekat. Jumlah satu batalyon tank sendiri dalam AD Rusia bisa 31 unit untuk sebuah resimen tank, atau 40 unit untuk sebuah resimen infantri mekanis. Versi yang diadopsi kurang lebih adalah T-90M model 2017, yang kontraknya ditandatangani dalam pameran ARMY 2017.


T-90M akan menjadi pengisi kekosongan sampai 100 unit pertama T-14 Armata selesai diproduksi, disertifikasi, dan dinyatakan layak untuk bertugas di garis depan. Sisanya, AD Rusia diperkirakan akan meningkatkan lagi lebih banyak stok T-72 menjadi T-72B3 dan T-72B4. (UCNews/Aryo Nugroho)

Baca Juga:  G7 Desak Rusia Tinggalkan Resim Bashar Assad di Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan