Tank Medium Buatan Indonesia – Turki Siap Produksi Tahun Ini

Tank kelas Medium buatan kerjasama Indonesia dan Turki punya banyak peminat. Di Turki tank ini diproduksi FNSS dan diberi nama MT (Medium Tank) Kaplan sedangkan yang buatan PT. Pindad diberi nama MT Harimau.

18 unit tank medium jenis ini telah selesai dibikin pada akhir tahun lalu, lalu akan memulai produksi massal tahun ini dan diharapkan semua pesanan yang sekarang sudah masuk dari AD Turki selesai tahun 2021.

“Harapan kami, Indonesia melanjutkan proyek ini dengan kecepatan penuh. Kami mengharapkan pesanan tambahan akan diterima tahun ini dan tahun depan,” ujar Nail Kurt Manajer Senior FNSS seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Menurut Kurt, tank tersebut lebih ringan daripada tank kelas MBT/main battle tank, namun mempunyai kekuatan meriam yang hampir sama. Karena itu memungkinkannya beroperasi bersama pasukan infantri dengan mudah, sehingga menambah daya tarik tank ini bagi konsumen global, yaitu keunggulannya dalam perang asimetris.

Kaplan MT akan dikembangkan pada aspek kemampuan balistik, perlindungan anti-ranjau, daya tembak, dukungan infantri dan anti-tameng.

Turki memberikan transfer teknologi dan lisensi bagi Indonesia untuk memproduksi sekaligus memasarkan langsung ke negara-negara yang berminat.

Negara tetangga ASEAN yang paling berminat adalah Filipina dan Brunei Darussalam. Bahkan Filipina telah memajang Tank Harimau saat HUT militernya.

Baca Juga:  Vietnam Ingin Barter Produk Senjata Dengan Indonesia