Tank Merkava Mk.IV Barak Israel, Full Protection MBT Untuk Menarik Minat Pemuda

Merkava, Tank kelas berat andalan Israel akan memasuki generasi ke-4. Seri terbaru ini diklaim memiliki berbagai penyempurnaan.

Dilansir oleh Haaretz (21/07/2018). Tank MBT Merkava Mk. IV Barak ini akan tetap mengandalkan kubah pertahanan (active dome) dengan berbagai tambahan senjata di atasnya yang dikontrol dari jauh.


Merkava IV Barak rencananya akan dioperasionalkan pada 2020. Berbagai senjata dan lompatan teknologi ini dimaksudkan untuk untuk motivasi bagi pemuda Israel untuk memilih Angkatan Darat saat memasuki program wajib militernya.

Popularitas Angkatan Darat memang kurang diminati karena resiko kematian yabg tinggi dibandingkan Angakatan Udara atau laut.

Merkava Mk.IV Barak sendiri menekankan pada digitalisasi, dimana ada lebih banyak sensor yang terpasang di tank dan komputer kendali penembakan canggih yang mampu memproses lebih banyak data, termasuk mengirimkannya ke helm pintar Elbit Iron Vision yang dikenakan oleh komandan.


Sistem helm pintar itu akan memberikan gambaran lengkap dan luas mengenai situasi di sekitar tank secara real time kepada komandan kendaraan dan bahkan bisa digunakan untuk mengarahkan laras tank, mengunci, dan menjejak sasaran secara otomatis.

Merkava Mk.IV Barak sendiri juga akan menerapkan sistem kendali pertempuran modern sehingga tank bisa bermanuver secara lebih efektif, bahkan mensinkronisasikan manuvernya dengan elemen lain di darat dan udara.

Sumber: UC News / Aryo N

Baca Juga:  Sukhoi Keluarga Fitter, Keluarga Jet Tempur Paling Hobi Perang

1 Komentar

Tinggalkan Balasan