Tank Ringan SBS Pindad Segera Disertifikasi

Sejak kemuncula prototype-nya di Indo Defense 2014. Tank Ringan SBS telah mencuri perhatian. Apalagi tank ini akan dipasangi MLRS dengan rudal RHAN 122 buatan dalam negeri.Saat ini Tank ringan SBS yang tengah masuk tahap pematangan di Litbang PT Pindad. Bahkan tak lama lagi, ranpur ini akan disertifikasi di Kementerian Pertahanan RI.

Secara umum tank ringan ini punya panjang 5,68 meter, lebar 2,77 meter dan tinggi 1,97 meter. Berat kosong 10 ton dan berat tempur mencapai 13 ton. Sebagai APC, SBS dapat membawa membawa 10 prajurit.

 Untuk menjamin kenyamanan dalam pengoperasian, suspensi terdiri dari lima roadwhweel kecil dengan drive sprocket di depan dan idler pada bagian belakang. SBS dimotori dengan mesin diesel 6 silinder berpendingin cair yang memiliki kekuatan 250 hp dengan rasio 20 hp/ton. Dengan kapasitas BBM solar 400 liter, tank ini mampu ngebut hingga kecepatan maksimum 70 km per jam dengan jangkauan operasi 400 km. Untuk proteksi, SBS menggunakan baja dengan ketebalan 10 mm.


Tank SBS Pindad dengan Rudal Rhan122

Kabarnya, komponen tank ini nyaris semuanya buatan lokal, mulai dari power pack, engine, transimis, cooling system, kecuali pada jenis senjata kanon yang masih di impor serta meain yang memakai mesin dari truk Hino. 

Baca Juga:  KASAU: Helikopter AW-101 Tetap Dibeli

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan