Tank Scorpion Malaysia Akan Pensiun

Tentara Darat Diraja Malaysia atau Angkatan Darat telah merekomendasikan bahwa armada tank ringan Scorpion akan pensiun karena tingginya biaya pemeliharaan dan masalah keusangan. Wakil Menteri Pertahanan Liew Chin Tong mengatakan kepada Parlemen pada 18 Desember 2018 bahwa saat ini tak satu pun dari Scorpion beroperasi.

Rekomendasi untuk pensiunkan Scorpions dibuat setelah Angkatan Darat melakukan studi tentang persyaratan kendaraan lapis baja untuk jangka panjang. Scorpions tampaknya tidak kompatibel dengan rencana, arahan Angkatan Darat biaya perawatan tank ini menjadi mahal untuk dipertahankan.

Dia mengatakan armada Scorpion mulai beroperasi pada tahun 1981 dan ditempatkan dalam layanan dengan Skuadron Lapis Baja dari Brigade ke-10. Armada telah menjalani Service Extension Program (SLEP) dan upgrade dari 2007 hingga 2011 dan Angkatan Darat memutuskan untuk melanjutkan layanan kendaraan sampai 2018.

Liew mengatakan tidak ada Scorpion yang saat ini beroperasi dan Angkatan Darat telah memutuskan untuk menyatakan kendaraan itu usang. Kementerian diharapkan untuk menyatakan hal yang sama tentang status armada tersebut tahun depan.

Baca Juga:  Pesawat Tua F-5 Thailand Dipersenjatai Rudal IRIS

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan