Tank T-90A Rusia Terkena Tembakan Rudal Teman Sendiri

Baru saja beberapa waktu lalu sebuah main battle tank T-90A milik Angkatan Darat Rusia secara tidak sengaja terkena rudal anti tank selama latihan, insiden ini pertamakali dilaporkan oleh topwar.ru. Menurut laporan tersebut, sistem rudal anti-tank digunakan selama latihan militer tersebut adalah rudal anti-tank Konkurs dengan rudal 9M113M.

Salah satu rudal ini secara tidak sengaja menyerang tank T-90A selama latihan, dan melukai seorang anggota kru. Kementerian Pertahanan Federasi Rusia belum mengomentari insiden pelatihan tersebut.

Tidak jelas bagaimana insiden “Friendly Fire” itu terjadi, tetapi tentara Rusia memposting banyak foto di layanan online Telegram dari tank T-90A yang rusak.

Saat ini, Rusia sedang menggelaelatihan multinasional “Kavkaz 2020” (“Kaukasus 2020”) sedang diadakan di sana dari tanggal 15-26 September. Latihan ini tersebar di wilayah selatan Astrakhan, Prudboi, Ashuluk, Kapustin Yar, Nikolo-Aleksandrovskii dan beberapa tempat pelatihan udara.

Menurut beberapa laporan, sistem rudal anti-tank digunakan selama latihan militer tersebut, termasuk ATGM 9M113M Konkurs. Satu laporan mengatakan bahwa selama latihan, rudal Konkurs menghantam salah satu tank yang terlibat dalam latihan tersebut. Foto tersebut menunjukkan bahwa kendaraan tempur itu rusak cukup parah. Tidak diketahui apakah ada awak yang terluka karena inseiden tersebut.

Selain Rusia, latihan Kavkaz diikuti anggota Shanghai Cooperation Organization (SCO) termasuk Tiongkok, Pakistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Peserta asing tambahan dilaporkan termasuk Mongolia, Suriah, Iran, Mesir, Belarus, Turki, Armenia, Turkmenistan dan Myanmar.
Sumber : topwar.ru, defenseworld.net

1 Trackback / Pingback

  1. Tank T-90A Rusia Terkena Tembakan Rudal Teman Sendiri - Portal Berita Militer Indonesia

Tinggalkan Balasan