Tank T-90M Upgrade akan Diserahkan ke AD Rusia pada Tahun 2018

Penyerahan tank T-90M yang telah diupgrade ke Angkatan Bersenjata Rusia akan dimulai pada tahun 2018, kata pimpinan Uralvagonzavod Corporation Rusia Alexander Potapov kepada TASS. Kontrak untuk pemasokan tank T-90M tersebut ditandatangani pada pameran Army 2017.

“Kami tidak dapat menyebutkan jumlah tank-nya tapi kami telah menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan,” kata pimpinan perusahaan tersebut.

Berbicara tentang prospek ekspor kendaraan dukungan tembakan Terminator, Potapov mengatakan bahwa Uralvagonzavod “terbuka untuk melakukan dialog dalam lingkup kewenangannya.” Dia mengatakan bahwa Federal Service for Military and Technical Cooperation dan Rosoboronexport bertanggung jawab atas masalah ini. “Tentu saja, kami ingin untuk menjual produk kami, termasuk kendaraan dukungan tembakan tersebut,” kata Potapov.

Tank tempur utama T-90M nampaknya merupakan versi upgrade dari tank T-90MS. Tank ini bisa bertempur di semua kondisi cuaca, sepanjang waktu dan dalam berbagai kondisi iklim. Upgrade T-90 akan menampilkan banyak teknologi yang dikembangkan untuk tank tempur T-14 Armata buatan Rusia.


Tank ini memiliki persenjataan utama meriam 125mm 2A46M-5 yang mampu menembakksn rudal antitank. Selain itu, T-90M memiliki senapan mesin 7,62mm PKTM.


Kendaraan dilengkapi dengan sistem fire control canggih yang memungkinkan identifikasi ancaman seukuran tank pada jarak 5.000 meter yang nampak dari pearangkat penglihatan. T-90M dilengkapi stabilizer dua axis yang telah ditingkatkan dan autotracker dengan mode hunter-killer. Tank ini memiliki explosive reactive armor modular dan slat armor di bagian sisi dan belakang.

Baca Juga:  DPR Protes Pembelian Halikopter AW101 Oleh TNI AU

Kendaraan ini mampu bergerak di jalan dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan melintasi rintangan air dengan kedalaman 5 meter menggunakan kit deep water fording. Tank diawaki oleh tiga orang awak.

Sumber : armyrecognition.com (diterjemahkan oleh TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan