Tank T90s Pesanan Vietnam Mulai Diproduksi Rusia

Vietnam terus setia memakai alutsista buatan Rusia. Tahun 2017, negeri Paman Ho Chi Min itu telah melakukan pemesanan 64 tank kelas berat T-90s dari Perusahaan Rusia Uralvagonzavod. Menurut situs web baodatviet.vn, Rusia telah memulai produksi batch pertama tank tempur utama T-90s tersebut.

T-90S adalah varian terbaru dari tank kelas MBT Legendaris T-90 buatan Rusia. Tank ini diklaim oleh Irak lebih bagus kinerjanya dibanding tank sekelas M1 Abrams buatan Amerika Serikat. Bukan sekedar isapan jempol, Angkatan Darat Irak dari Brigade Mekanis 35 telah mengganti 60 unit M1 Abram dengan T90s.

Persenjataan utama T-90S antara lain satu meriam smoothbore 125 mm 2A46M, yang distabilkan dalam dua axis dan dilengkapi dengan thermal sleeve. T-90S mampu menembakkan misil 9M119 atau 9M119M yang dipandu dengan sinar laser semi-otomatis dan dilengkapi hulu ledak hollow charge. Senapan mesin koaksial 7,62 mm PKT dipasang pada sisi kanan senjata utama dan senapan mesin pertahanan udara 12,7 mm dipasang pada bagian atap turret.



Tangki T-90S dilindungi oleh armor-plating konvensional dan armor reaktif eksplosif (ERA) Kontakt-5. T-90S dilengkapi dengan alat bantu pertahanan Shtora-1 yang diproduksi oleh Electronintorg dari Rusia. Sistem ini termasuk jammer inframerah, sistem peringatan laser dengan empat penerima peringatan laser, sistem pelontar granat asap dan sistem kontrol terkomputerisasi.

Baca Juga:  Rusia Manfaatkan Menara BTS Seluler Untuk Cegat Rudal Musuh

Sumber : armyrecognition.com/TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan