Target Vietnam Pada 2024 Memiliki Anggaran Militer $7,9 Miliar

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh BusinessWire, peningkatan kehadiran Angkatan Laut Tiongkok dan klaim teritorial di perairan Laut Cina Selatan yang disengketakan adalah faktor utama yang memaksa pemerintah Vietnam untuk meningkatkan kemampuan militernya.

Pemerintah Vietnam mengalokasikan US $ 5,1 miliar untuk pengeluaran militer pada tahun 2019, 32,5% di antaranya diperuntukkan untuk pengadaan peralatan pertahanan. Upaya modernisasi militer negara itu difokuskan untuk mencegah PRC mengambil alih wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Selama periode perkiraan, negara diharapkan untuk mendapatkan pesawat tempur dan multi-peran, kendaraan lapis baja, kapal angkatan laut, kapal patroli, pesawat patroli maritim, dan peralatan pengawasan. Pengeluaran pertahanan negara diproyeksikan meningkat dari US $ 5,5 miliar pada tahun 2020 menjadi US $ 7,9 miliar (Rp112,19 Triliun) pada tahun 2024.

Seperti yang dinilai oleh BusinessWire, antara 2015 dan 2019, Vietnam secara kumulatif menghabiskan US $ 7,2 miliar untuk peralatan pertahanan, sementara US $ 15 miliar ditugaskan untuk pengeluaran pendapatan. Selama periode perkiraan, pengeluaran modal Vietnam diperkirakan akan tumbuh pada CAGR sebesar 9,43% dan pengeluaran pendapatan diperkirakan akan mencatat pertumbuhan sebesar 9,44%.

Pertumbuhan populasi yang lambat di Vietnam diproyeksikan akan meningkatkan pengeluaran pertahanan per kapita dari US $ 53,7 pada 2019 menjadi US $ 79,3 pada 2024. Kurangnya teknologi dan kemampuan pertahanan domestik yang rendah telah memaksa negara untuk mengimpor sistem senjata dari OEM asing untuk memenuhi persyaratan militernya.

Baca Juga:  Komplotan Abu Sayyaf Penculik Kapal WNI Tewas Disergap Militer Malaysia

Selama 2014 hingga 2018, Rusia muncul sebagai pemasok perangkat keras militer terbesar ke Vietnam dengan pangsa lebih dari 77,9% dari impor Vietnam, diikuti oleh Israel, Belarus, Korea Selatan, dan Ukraina yang menyumbang 9%, 4,1%, 2,8%, dan 2% masing-masing.

Sumber:

https://www.armyrecognition.com/analysis_focus_army_defence_military_industry_army/vietnamese_annual_defense_budget_to_reach_usd_7.9_bn_by_2024.html

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan