Taruna Tingkat III Laksanakan Latihan Bhuwana Paksa

Sebanyak 104 Taruna Tingkat Taruna Tingkat III diberangkatkan menuju Lanud Gading Wonosari Gunung Kidul guna melaksanakan Latihan pertahanan Pangkalan. Upacara Pembukaan dan
Pemberangkatan Latihan Bhuwana Paksa
yang dipimpin oleh Gubernur AAU Marsda
TNI Sri Mulyo Handoko, SIP, MAP di
Lapangan Dirgantara AAU, Rabu (14/3).

Upacara pemberangkatan dihadiri oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy,SE, Para Direktur, Danwingtar,para pejabat AAU, seluruh Taruna AAU, dan segenap anggota AAU. Latihan Bhuwana Paksa ini merupakan salah satu latihan kematraan dan merupakan kurikulum pendidikan Akademi Angkatan Udara .”

Latihan Bhuana Paksa ini merupakan aplikasi lapangan dari materi pertahanan pangkalan (Hanlan) dan juga bagian dari operasi hanud pasif yaitu hanud titik dalam rangkaian sistim pertahanan udara nasional atau Sishanudnas,” demikian disampaikan Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, SIP, MAP dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa latihan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman sekaligus pengenalan kepada para taruna tingkat III tentang manajemen operasional hanlan, termasuk teknik dan taktik pertahanan di darat, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal dalam mengamankan obyek.


Pengetahuan dan pengenalan awal tentang manajemen pertahanan pangkalan udara mutlak harus dapat dikuasai oleh setiap taruna AAU, sehingga kelak setelah menjadi perwira, bila dihadapkan pada operasi pertahanan pangkalan yang sebenarnya, para taruna mampu melaksanakan tugas dengan baik, tegas Gubernur.

Baca Juga:  PT PAL Targetkan Produksi Tujuh Kapal Cepat Rudal

Kepada seluruh Taruna dan personel yang terlibat dalam latihan ini Gubernur AAU juga mengingatkan untuk selalu memprioritaskan faktor keamanan dan keselamatan selama latihan berlangsung, mengingat para Taruna akan menggunakan persenjataan dan alutsista militer.


Sebelum melaksanakan Latihan Bhuana Paksa yang akan berlangsung dari tanggal 14 sampai dengan 19 Maret 2018 mendatang, para Taruna melaksanakan kegiatan pra latihan yaitu pembekalan kepada Taruna dari Gubernur AAU, Direktur Latihan yaitu Kepala Departemen Matra Kolonel Pnb Wibowo Cahyo dan juga instruktur Denhanud 474 Paskhas tentang hal tekhnis yang berkaitan selama latihan berlangsung.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan