Tawaran Kapal Patroli OPV & Fregate Gowind-2500 ke TNI AL Dengan Alih Teknologi

DCNS telah menawarkan dua desain kapal permukaan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia. Proposal disertai dengan tawaran transfer teknologi dan pengetahuan teknis untuk industri lokal.

DCNS memposisikan desain OPV 90 dan Gowind 2500 untuk Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut, atau TNI-AL) dalam memenuhi kebutuhan dua unit kapal patroli lepas pantai (OPV) dan kemungkinan dua fregat tambahan untuk platform SIGMA 10514.

Berbicara kepada IHS Jane dalam pameran Indo Defence 2016 di Jakarta, pejabat DCN menegaskan bahwa galangan kapal akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Tender formal untuk proyek besar ini diharapkan akan dikeluarkan pada tahun 2017.

Sesuai dengan spesifikasi yang disediakan oleh perusahaan, desain OPV 90 memiliki panjang keseluruhan 87 m, balok keseluruhan 13,6 m, dan draft rancangan 3,2 m. Platform ini dapat menampung sekitar 60 personil, termasuk awak dan personil misi khusus, serta satu helikopter di dek penerbangan.

OPV memiliki kecepatan maksimal 21 knot dengan jangkauan hingga 8.000 nautical mile pada kecepatan 12 knot dan daya tahan 21 hari. Menurut DCNS, desain OPV 90 digunakan oleh Angkatan Laut Perancis sebagai korvet Gowind, L’Gesit (P 275).
Sementara itu, desain Gowind 2500 memiliki panjang keseluruhan lebih dari 100 m, balok keseluruhan 16 m, dan draft rancangan 5,4 m. 

Platform ini dapat dilengkapi dengan 16- sel sistem peluncuran vertikal (VLS), hull- mounted dan variable-depth sonars, peluncur torpedo dan rudal anti-kapal, serta senjata utama hingga kaliber 76 mm. (janes)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan