Tawaran Menggiurkan F-16 Blok 70 Untuk India

India makin jauh meninggalkan Rusia untuk mengisi arsenal pesawat tempurnya. Saat ini India sedang melakukan negosiasi dengan Amerika dan Lockheed Martin (LM) sebagai produsen F-16 untuk bisa membuat pesawat tersebut secara lokal di dalam negeri, dalam proyek MIIF (Make In India Fighter).

Pihak Lockheed Martin sendiri tampak antusias memenangi proyek ini dengan menawarkan F-16 yang dipadukan sistem avionic milik F-35 dan saat ini sedang dalam tes finalisasi. Jika deal, pesawat ini akan dilabeli F-16 Block 70 dan India akan mendapat berbagai kemudahan untuk kesenjangan pesawat dari generasi ke-4 dan 5 yang banyak dialami negara lain.

Berikut ini petikan wawancara dari Livefistdefence.com dengan Abhay Paranjape, Direktur Bisnis Lockheed Martin wilayah Asia:

1. Apa yang ditawarkan LM pada India soal F-16 Block 70 ini?

LM akan memberikan lisensi eksklusif penuh pada India untuk memproduksi, mengoperasikan dan mengekspor F-16 blok 70. Hak ini akan menjadikan India satu-satunya fasilitas produksi F-16 di luar Amerika. Serta memberi peluang pada India untuk menjadi pemasok jet tempur favorit di dunia.

2. Bisa program ini akan sejalan dengan proyek jet tempur multiperan (The Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA)) dicanangkan militer India?

F-16 Blok 70 akan menjadi pesawat paling canggih di keluarga F-16 dengan berbagai peningkatan sistem avionik yang setara F-35. Serta beberapa perangkat baru yang ditanamkan pada F-16 blok 70 seperti:
– Radar APG-83 Active Electronically Scanned Array
– Pedesal Display dengan resolusi tinggi
– 1 gigabite Ethernet Databus
– Sistem misi komputer terbaru

Baca Juga:  Putin: Ekspor Senjata Rusia Tembus 15 Milyar Dollar AS

Pesawat ini akan tetap mampu berperan sebagai jet tempur multifungsi yang bisa menjalan misi sebagai fighter dan bomber secara utuh. Dengan desain material terbaru yang akan menambah usia aktif (service life) F-16 hingga 12.000 jam, bandingkan dengan Sukhoi Su-27 yang hanya 4.000 jam.


3. Kira-kira, apakah F-16 yang sudah hampir usang dan diupgrade ini masih layak sebagai pesawat combat proven ?

Sebagai produsen, LM, tetap percaya diri bahwa F-16 yang telah diupgrade ke blok 70 akan tetap combat proven dengan berbagai sistem avionik terbaru yang diambil dari pesawat tempur F-35 generasi ke-5. Sebagai buktinya, upgrade tersebut dinilai layak oleh pihak US AF (AU-nya Amerika Serikat) dan F-16 tetap masuk dalam rencana senjata US-AF dalam 30 tahun ke depan sampai pesawat generasi ke-5 telah dikirim semua.


4. Dalam simulasi perang, F-16 bisa dengan mudah dikalahkan oleh Gripen NG. Lalu fitur apa saja dari F-16 blok 70 yang bisa melebihi Gripen NG?

LM adalah leader dalam hal desain, pengembangan dan produksi pesawat tempur. F-16 blok 70 bakal 100% dijejali sistem avionik dari pesawat generasi ke-5. LM juga akan meningkatkan kecepatan, agilitas, daya jangkau dan kemampuan angkut senjata.

5. Pakistan juga mengoperasikan F-16, terus bagaimana nasib F-16 mereka jika nantinya program F-16 India ini sukses?

Baca Juga:  Belanda Akuisisi Drone MQ-9 Buatan Amerika

Seperti biasanya, untuk kelanjutan nasib tiap-tiap F-16 yang telah dimiliki suatu negara. Akan diputuskan kebijakanya oleh pemerintah kami (Amerika).

6. Dalam penawaran Grippen NG, Saab juga menawarkan bonus alih teknologi soal radar Gallium-Nitride (GaN), lalu apa yang ditawarkan LM dalam paket F-16 blok 70 ini?

Kami akan menjadikan India sebagai basis produksi F-16 di dunia. Dengan berbagai peningkatan teknologi pada F-16, permintaan pesawat ini akan terus meningkat dan menjadi favorit di dunia sebagai jembatan ke pesawat generasi ke-5. (defensenews-alert)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan