Tentara Kurang Gizi, Kim Jong Un Resmikan Pabrik Makanan Untuk Militer

Kim Jong Un tinjau pabrik makanan untuk prajuritnya. Foto: The telegraph

Tema tentang rakyat Korea Utara yang kelaparan dan kekurangan gizi kembali mengemuka.Bukti faktual didapatkan saat seorang tentara Korea Utara nekat membelot ke Korea Selatan dan setelah didiagnosis ternyata banyak ditemukan biji jagung mentah di dalam perutnya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan, setiap tentara di negaranya harus mendapat nutrisi makanan yang lebih baik. Demikian laporan kantor berita Korea Utara KCNA seperti dikutip Straits Times dari Reuters pada Rabu (25/7/2018). Pernyataan tersebut dia lontarkan ketika mengunjungi pabrik makanan untuk militer. Kim mengatakan, pabrik harus memproduksi makanan bergizi dan enak untuk para prajurit.

“Pejabat dan karyawan pabrik harus selalu memenuhi rencana produksi dalam semua lini, mengingat niat mulia pemimpin Kim Jong Il (mendiang ayahnya) yang tidak membiarkan para prajurit kurus,” ucapnya. “Pastikan mereka semua tetap mendapatkan perhatian ini,” imbuhnya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan memperkirakan ada sekitar 1,28 juta warga yang aktif dalam tugas militer di Korea Utara. Seperti diketahui, masalah nutrisi menjadi sorotan utama tahun lalu di negeri yang terisolasi itu.


Program Pangan Dunia menyatakan, masalah utama dalam pola makan di Korea Utara yang kebanyakan mengonsumsi beras atau jagung, kimchi, dan pasta kacang, sehingga kekurangan lemak esensial dan protein.

Kim Jong Un dalam kunjunganya ke pabrik makanan untuk militer

Selama berkunjung di pabrik itu, Kim mengatakan tentara akan membutuhkan berbagai produk berbasis kedelai untuk kesehatan, terutama kedelai yang difermentasi.

Baca Juga:  Qatar Terima 5 Pesawat Tempur Rafale Dari Perancis

Sebelum melakukan inspeksi ke pabrik makanan militer, Kim juga memeriksa fasilitas industri dan zona ekonomi khusus yang berbatasan dengan China. Kim juga pernah meninjau ladang kentang di Junghung, Samiyon, dekat perbatasan China pada bulan ini. Kemudian, Kim beralih menginspeksi ke pabrik pengolahan kentang menjadi tepung, serta memeriksa konstruksi bangunan di kawasan yang sama.


Sumber : kompas.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan