Tercanggih di ASEAN, Pesawat Su-30 Malaysia Tampil Gemilang di Singapura Airshow 2018

Sukhoi Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) AU-nya Negeri Jiran, jadi bintang tamu yang ditunggu-tunggu dalam ajang Singapore Airshow 2018. Su-30 ini adalah varian terbaik di ASEAN, setingkat lebih baik dibandingkan milik TNI AU.

SU-30MKM Malaysia dilengkapi mesin AL-31FP dengan TVC (Thrust Vector Control) yaitu knalpot yang bisa dibelok-belokkan untuk membantu manuverabilitas. Sudah menjadi tradisi, Su-30MKM selalu ditunggu aksinya dalam gelaran Singapore Airshow.

Berbagai aksi memukau ditampilkan pilot-pilot Malaysia. Termasuk manuver Cobra Pugachev ala ular Kobra. Su-30MKM tampil pada sesi sorti kedua yang dilaksanakan pukul 13.30 sampai dengan 15.15 untuk tanggal 10 Februari 2018, jadi hanya satu hari saja.


Bagi mereka yang beruntung hari ini, sejumlah fotografer dirgantara dalam Media Day berhasil mengambil momen ketika Su-30MKM melakukan gladi resik, memperagakan manuver Cobra Pugachev sampai pesawat tegak lurus dan kemudian melepaskan flare seakan berupaya melepaskan diri dari sergapan lawan dan kemudian mengambil posisi untuk balik memburunya.


Biarpun sudah banyak video yang beredar mengenai bagaimana manuver Cobra Pugachev dieksekusi, rasanya selalu luar biasa untuk melihat jet tempur gambot berkursi ganda ini ternyata begitu lincah dan gemulai, sekaligus mematikan dalam melaksanakan aksinya.

Bagaimana dengan Indonesia. Tim Jupiter juga tampil memukau. Jika Malaysia menampilkan aksi solo manuver, aksi tim Jupiter dengan manuver berkelompok menggunakan pesawat baling-baling KT-1B Wong Bee juga disambut antusias.

Baca Juga:  Amerika: Rusia Tak Melawan ISIS Di Suriah

Namun jujur, ngiri melihat canggihnya Su-30MKM yang setingkat di atas Su-30MK2 milik TNI AU. Terus Su-35 kapan???????

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan