Terciduk, F-22 Raptor Dilock On Sukhoi Su-35 Di Suriah

Superioritas F-22 Raptor terbukti rontok di medan perang Suriah. Pesawat yang diklaim berteknologi siluman andalan Amerika Serikat ini terbukti nyata telah di lock on / terkunci oleh pesawat Sukhoi Su-35 milik Rusia. Bukti faktualnya sebuah foto rekaman kokpit Sukhoi Su-35 yang diunggah oleh pilot AU Rusia di sosial media.

Fotonya biasa saja kalau tidak diperhatikan baik-baik. Namun saat dilihat teliti terlihatlah bahwa itu adalah hasil tangkapan sistem penjejak infra merah OLS-35 milik jet tempur Sukhoi Su-35 Super Flanker.

Foto yang diambil dari akun instagram seorang pilot tempur AU Rusia ini menggambarkan siluet jet tempur siluman F-22 Raptor yang sudah dicegat, dikunci, dan bisa saja ditembak jatuh oleh jet tempur Sukhoi Su-35 Super Flanker yang sedang menjalankan misi di Suriah.

Objek yang ia deteksi adalah jet tempur siluman F-22 Raptor, yang digadang AS sebagai paling digdaya dan tak terkalahkan. Keberhasilan penjejakan F-22 oleh Su-35, yang artinya dilakukan pada jarak cukup dekat ini membuktikan bahwa Su-35 memang punya kapabilitas sebagai Raptor Killer.


Foto tersebut menggambarkan kontras antara F-22 dengan citra bumi, jadi kemungkinan pilot jet tempur Sukhoi Su-35 itu menggunakan perangkat IRST (Infra Red Scan and Track) OLS-35 yang mengandalkan sensor infra merah, televisi pencahayaan rendah, dan laser pengukur jarak.

OLS-35 IRST memungkinkan pendeteksian pasif atas jet tempur lawan tanpa menyalakan radar, jadi F-22 itu sudah pasti menyadari kalau Su-35 muncul di atasnya pada detik-detik terakhir. Andaikan perintah tembak diberikan, maka F-22 itu sudah pasti akan tinggal rongsokan belaka yang jatuh ke bumi.

Baca Juga:  Warga Arab Dilarang Bersimpati Pada Qatar, Bisa Dikenakan Hukuman Penjara 15 Tahun

Pilot tinggal melakukan cueing dengan rudal pencari panas jarak dekat, dan pada jarak sedekat ini rudal seperti R-73 kemungkinan besar tidak akan meleset untuk melalap F-22 tersebut.


Sumber: UC News / Aryo Nugroho

2 Komentar

Tinggalkan Balasan