Terungkap Kelemahan Pesawat F-22 Raptor

Foto F-22 Raptor dalam EAA Airventure Air Show di Oshkosh, Wisconsin, menunjukkan kerusakan korosi di radar-absorbent skin dekat kanopi, bagian depan pesawat. Kerusakan yang terjadi cukup mencolok, tidak hanya permukaan pesawat yang terkena korosi namun RAM di bawahnya juga rontok.

Harus menjadi catatan bahwa perawatan radar-absorbent skin milik pesawat stealth bukanlah hal yang gampang maupun murah. Lapisan RAM pesawat akan mengalami degradasi ketika terkena friksi dari penerbangan kecepatan tinggi, high-G maupun elemen lainnya.

Untuk pesawat yang tidak di-deploy maupun digunakan dalam pertempuran, RAM maintenance tidak menjadi prioritas utama. Ada beberapa standar kesiapan RAM skin F-22 untuk situasi yang bermacam-macam. Misalkan untuk pesawat yang memerlukan kapabilitas stealth maksimal karena akan dipakai bertempur atau diujicoba, maintenance akan dilakukan ketika degradasi mencapai 10 persen. Untuk pesawat yang akan dipakai latihan pilot baru, toleransi untuk persentase tersebut bisa jadi lebih tinggi.



F-22 Raptor yang digunakan Demo Team di gambar ini jelas tidak diprioritaskan untuk perawatan RAM skin, berhubung hanya akan ditampilkan dalam airshow. Para fotografer dan pengamat pun berkesempatan melihat sedikit di balik kulit F-22 lewat kerusakan yang belum diperbaiki ini.

Sumber:

-Hex Lighting Ii Chan

-https://www.thedrive.com/the-war-zone/29218/these-images-of-an-f-22-raptors-crumbling-radar-absorbent-skin-are-fascinating?fbclid=IwAR20yAJhDdBxdZ6RGkIKQ_JQ5d6odRkIYOPA0OsfU_wONC6xGNvhgEGcq8Y

Baca Juga:  Rusia Siap Gunakan Jet T-50 "Si Robot Terbang" Mulai 2018

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan