Test Landing Boeing 737 TNI AU Di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara

Disaksikan dan disambut secara langsung oleh Komandan Lanud Dominicus Dumatubun Letkol Pnb H.E. Sasmoyo serta dihadiri antara lain oleh Bupati Maluku Tenggara Ir. Andreas Rentanubun, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Hartanto Nugroho, Kapolres Maluku Tenggara AKBP Agus Riyanto dan disaksikan pula oleh ratusan warga masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara dan kota Tual yang memadati terminal bandara pesawat Boeing TNI Angkatan Udara AI-7303 Milik Skadron 5 Lanud Hassanudin Makassar mendarat mulus di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara pada hari Kamis 4 November 2016 yang merupakan Test Landing atau pendaratan perdana pesawat berbadan lebar di bandara tersebut.

Acara yang ditandai juga dengan pengalungan selendang kain khas Maluku Tenggara oleh Bupati Maluku Tenggara kepada Capt. Pilot Kolonel Pnb Benny Arfanyang juga merupakan Kadisops Lanud Hasanuddin Makassar membawa serta 13 orang crew pesawat. Kepada para Wartawan usai berhasil mendaratkan pesawat AI-7303 Kolonel Pnb Benny Arfan mengatakan bahwaBandara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara berpotensi dijadikan sebagai Home Base dalam melakukan Patroli Maritim dan Pengintaian Udara.

boeing-737


Dijelaskan pula bahwa di selatan Kabupaten Maluku Tenggara terdapat Laut Arafura yang Memiliki Potensi Hasil Laut atau perikanan yang sangat banyak dan juga berpotensi terhadap praktik ilegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal yang dilakukan oleh Nelayan asing, maka dengan dibukanya Bandara tersebut untuk Pesawat berbadan lebar TNI AU,hal itu akan sangat membantu dan disamping itu apabila Pemda Malra bisa memanfaatkan kesempatan ini maka akan bisa membuka Akses pertahanan Lainnya.

Baca Juga:  Dankorpaskhas Melantik 139 Prajurit Lulus Pendidikan Komando

Menurut Kolonel Pnb Benny Arfandari sisi Kesiapan Infrastruktur Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara, diakui sudah Layak untuk didarati oleh Pesawat Berbadan Lebar Jenis Boeing 737 seri 200 sampai seri 900. Selain itu Kolonel Pnb Benny Arfanmeminta kepada Pihak Bandara melalui pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan pohon-pohon disekitar Bandara agar segera ditebang agar tidak mengganggu aktifitas penerbangan pesawat jenis Boeing 737.


Pemerintah Daerah dalam hal ini juga sangat mengapresiasi Kehadiran Pesawat TNI AU dalam uji Coba Landing ini, Hal ini disampaikan Langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Ir. Andreas Rentanubun Kepada Wartawan di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur. Dikatakan Pertama-tama Pemda Malra berterima kasih kepada Pihak TNI AU Skuadron 5 Makasar yang sudah membantu untuk uji Landing di Bandara Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara yang panjang runway sudah mencapai 2.350 M. Acara test landing diakhiri dengan sesi foto bersama muspida dengan crew pesawat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan