Thailand Akan Tambah Tank VT-4 Buatan Tiongkok

Thailand kemungkinan akan menambah pesanan total untuk tank tempur utama (MBT) VT-4 buatan Tiongkok menjadi 49 dari 28 yang ada saat ini ditambah 10 pesanan tambahan pada 2017.

Thailand telah membeli 28 tank VT-4 pada 2015 dan memesan 10 tambahan pada tahun lalu. Tank-tank tersebut diproduksi oleh North Industries Corporation (NORINCO) Tiongkok.

Dari 28 tank VT-4 tersebut, 26 ditugaskan oleh Divisi Kavaleri ke-3 di Provinsi Khon Kaen, sementara dua lainnya dikirim masing-masing ke Pusat Kavaleri Angkatan Darat Kerajaan Thailand di kamp militer Adisorn di Saraburi dan Army Armory Hall.

Angkatan Darat Kerajaan Thailand telah melakukan pengujian terhadap tank tempur utama VT-4 yang baru diterima dari Tiongkok, yang juga dikenal sebagai MBT3000, pada hari Jumat (26/01) di Pusat Kavaleri AD Kerajaan Thailand di kamp militer Adisorn di Saraburi, media Thailand dan Tiongkok melaporkan.

Komandan Pusat Kavaleri AD Kerajaan Thailand mengatakan kepada pers bahwa tank VT-4 mengintegrasikan keunggulan dari tank tempur utama kelas dunia yang canggih dengan tingkat informatisasi, kemampuan manuver dan daya tembak yang tinggi.

VT-4 menunjukkan kemampuan manuver yang tinggi dengan melakukan pendakian gradien 30%, bernavigasi melalui air dan keluar dari parit. Tank tersebut juga melakukan uji penembakan. Dengan meriam smoothbore kaliber 125mm, VT4 mampu menembakkan proyektil armor-piercing fin-stabilized discarding-sabot (APFSDS), high explosive anti-tank (HEAT), dan rudal. Jangkauan rudalnya mencapai jarak 5 kilometer.

Baca Juga:  Boeing Tampilkan Helikopter Apache Berkecepatan Tinggi

VT-4 dilengkapi dengan fire control yang distabilkan termasuk perangkat penglihatan thermal imager untuk komandan dan penembak. Tank ini juga dilengkapi dengan panoramic sight yang dipasang di atap dan sistem kontrol senjata digital, yang mampu mendeteksi, mengikuti dan menembak sasaran di siang atau malam hari.


Angkatan Darat Kerajaan Thailand mengatakan kepada wartawan bahwa “VT-4 dilengkapi dengan persenjataan utama yang distabilkan dan sistem kendali dan daya yang kuat, jauh lebih mudah ditangani dan sebanding dengan tank buatan AS.”

Dilengkapi dengan mesin diesel berdaya 1200 tenaga kuda buatan Tiongkok dan drive system hidromekanik, VT-4 dapat berjalan pada kecepatan maksimum 70 km/jam dan kecepatan lintas medan maksimum 50 km/jam.

Perangkat tambahan termasuk GL5 Active Protection System (APS) baru dimana pelanggan dapat memasang sistem tersebut pada VT4 jika mereka memerlukannya.

Panglima Angkatan Darat Thailand Jenderal Chalermchai Sitthisart mengatakan Tiongkok dan Thailand akan membangun pusat perbaikan dan perawatan bersama untuk memastikan produksi dan pemeliharaan asesoris tank tersebut.

Sumber : defenseworld.net/TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan