Thales Selesaikan Implementasi CMS Tacticos di KRI RE Martadinata-331

Kapal Frigate R.E.Martadinata

Menjelang serah terima PKR (Perusak Kawal Rudal) KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331, yang dijadwalkan akan diserahterimakan ke TNI AL pada akhir Januari 2017, segala persiapan terus dikejar untuk penampilan flagship kapal perang Indonesia ini. Selain pengadaan sistem persenjataan yang tengah berjalan, belum lama ini Thales Nederland selaku pemasok mission suite untuk dua PKR (termasuk KRI I Gusti Ngurah Rai-332) telah merampungkan tahap implementasi dan uji coba Combat Management System (CMS) Tacticos di KRI RE Martadinata-331.

Mengutip sumber dari Janes.com (24/11/2016), pihak Thales Nederland menyebut bahwa yang di install pada KRI RE Martadinata-331 adalah jenis CMS Tacticos versi terbaru. Dalam lingkup internal, proyek ini disebut sebagai Baseline 2, merupakan pengerjaan upgrade pada sisi hardware dan konfigurasi software dengan MOC Mk 4 multifunction console. Di Tacticos versi terbaru ini juga menggunakan teknologi operator centric human machine interface (HMI), solusi ini mendukung proses setting berdasarkan pengerjaan tertentu, dan kesemuanya dapat dikolaborasikan dengan tampilan layar besar pada PIT (Pusat Informasi Tempur). Tacticos Baseline 2 sebelumnya telah diadopsi pada frigat F124 Class dan korvet 130 class milik AL Jerman.

Thales TMC Tacticos
Thales TMC Tacticos

Dalam kontraknya, implementasi dan pengembangan CMS Tacticos di KRI RE Martadinata-331 turut melibatkan peran BUMN PT Len sebagai bentuk ToT (Transfer of Technology). Selain memasok CMS, Thales Nederland dalam kontrak mission suite di dua Martadinata Class mencakup pengadaan sistem radar surveillance Smart-S MK2, fire control system STIR 1.2 Mk2 EO, sonar Kingklip dan Link-Y data link. (indomiliter)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan