Tidak Terawat, TNI Ambil Lagi Monumen Pesawat Dari Taman Gabusan Bantul Jogja

Pesawat jenis Marchetti SF.260 tail number LM 2617 yang terbengkalai di area Taman Seni Gabusan di evakuasi ke Skatek 043 Lanud Adisutjipto oleh Tim Baharlap Skatek 043 yang dipimpin oleh Mayor Tek Anwar, Jumat (15/3).

Evakuasi monumen pesawat Marchetti SF.260 itu dilaksanakan atas prakarsa Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Panggabean mengingat monumen pesawat bersejarah tersebut terbengkalai dan dan dalam kondisi memprihatinkan karena tidak terawat dan diletakkan di sudut Taman Gabusan tertutup oleh Gong yang sangat besar.

Pesawat Marchetti SF.260 merupakan pesawat latih yang pernah memperkuat TNI AU. Pesawat Marchetti SF.260 merupakan pesawat latih khusus buatan Italia Aviamilano/SIAI Marchetti. Pesawat ini termasuk jenis pesawat ringan dengan berat maksimum 1102 Kg dan berkapasitas 3 penumpang. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 330 Km/jam pada ketinggian 10.000 kaki. Marchetti SF.260 di berbagai negara, digunakan pesawat latih dan bahkan ada yang mengunakannya sebagai pesawat latih tempur.


Pesawat Marchetti SF.260 dihibahkan TNI AU pada tahun 2004 pada saat Taman Seni Gabusan Bantul berdiri dan dijadikan monumen bersejarah untuk melengkapi Taman Gabusan yang merupakan pusat dari sentra kerajinan di wilayah Bantul. Akan tetapi karena kondisi Taman Gabusan saat ini kurang berkembang, maka secara otomatis monumen pesawat tersebut menjadi tidak terawat.

Setelah dievakuasi menurut rencana pesawat akan diperbaiki kembali di Skatek 043 dan selanjutnya akan menjadi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala.

Baca Juga:  Thailand Pilih Kapal LPD Buatan China

SUmber : tni-au.mil.id

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan