Tiga Kapal Littoral Mission Vessels Singapura Diresmikan

Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Dalam Negeri Kedua Josephine Teo memimpin upacara peresmian kapal Littoral Mission Vessel (LMV) RSS Fortitude, RSS Dauntless dan RSS Fearless Angkatan Laut Singapura di Pangkalan Angkatan Laut Tuas Jumat (31/01).

Peresmian tiga LMV terakhir tersebut menandai tonggak penting bagi AL Singapura karena kedelapan LMV telah dioperasionalkan, memperkuat kemampuan AL Singapura untuk melindungi perairan Singapura, melindungi Garis Komunikasi Lautnya dan berkontribusi pada perdamaian dan keamanan regional.

Berbicara pada upacara commissioning, Ny. Teo memberi selamat kepada Al Singapura dan mitra-mitranya atas keberhasilan penyelesaian dan operasionalisasi semua delapan LMV dalam waktu singkat, hanya empat setengah tahun sejak peluncuran LMV pertama, dengan mengatakan bahwa ini adalah prestasi yang luar biasa.

Dia juga memuji kemampuan AL Singapura untuk mengubah kendala menjadi peluang, berhasil mencapai penghematan tenaga kerja yang signifikan dan menyebut kapal tersebut dirancang dengan cerdik untuk mengatasi keterbatasan tenaga kerja.

Dirancang dan dibangun secara lokal, LMV kelas Independence dilengkapi dengan teknologi yang cerdas dan kemampuan yang lebih tajam untuk memungkinkan AL Singapura beroperasi lebih efisien dan efektif. Selain radar dan sensor canggih, dan peningkatan sistem untuk meningkatkan kewaspadaan situasi dan mempercepat pengambilan keputusan, konsep ‘desain untuk dukungan’ dimasukkan di muka. Misalnya, menara LMV dirancang untuk menampung sensor kapal secara internal untuk melindunginya dari lingkungan maritim yang keras dan memberikan akses yang lebih mudah untuk pemeliharaan.

Baca Juga:  Balas Referendum Kurdistan, Iran-Irak Latihan Militer Bersama

Perubahan desain telah mengurangi separuh beban kerja untuk pemeliharaan dibandingkan dengan kapal patroli yang digantikannya, memungkinkan LMV diawaki dengan awak yang lebih sedikit.

RSS Fortitude, RSS Dauntless dan RSS Fearless adalah tiga LMV terakhir yang akan menggantikan kapal patroli kelas Fearless yang sudah menua, yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun.

Turut hadir dalam upacara tersebut adalah Panglima AL Singapura Rear-Admiral Lew Chuen Hong serta para pejabat senior dari Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Singapura.

Sumber : mindef.gov.sg, TSM Angga Saja