Tiga Rudal Balistik Nuklir Amerika Serikat, Menyeramkan!

Jika ngomongin rudal balistik nuklir jarak jauh, nama Rusia yang mewarisi teknologi Uni Soviet seakan lebih superior dari Amerika Serikat (AS) padahal paman Sam juga punya rudal yang tak kelah hebat dibandingkan musuhnya itu. 

Rudal Minuteman 3. Ini adalah rudal balistik antar benua berbasis Silo dan mampu membawa kepala nuklir. Minuteman 3 mampu menghancurkan target sejauh 13.000 km. Sistem navigasi inersia asli Minuteman 3 membuat rudal ini memiliki akurasi CEP (Circular error probable) sekitar 200 m. Peningkatan sistem panduan inersia membuat akurasi menjadi 120 m CEP.

Minuteman-3 merupakan rudal balistik antar benua pertama yang membawa tiga kepala rudal independen atau Multiple Independently Targetable Reentry Vehicles (MIRV) yang masing-masing membawa hulu ledak nuklir W78 atau W87 berkekuatan 300-500 kT. Tiga MIRV mampu menghancurkan target yang berbeda. Amerika Serikat memiliki 450 rudal Minuteman yang aktif dan 50 hingga 75 sebagai cadangan.


Amerika Serikat juga memiliki rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam atau Submarine Launched Ballistic Missile (SLBM) Trident II. SLBM Trident II 5D mampu membawa 12 kelapa nuklir independen (MIRV), dan masing-masing MIRV berkekuatan 100-120 kilo ton.
Rudal balistik Trident II 5D memiliki kecepatan 24 mach atau 29.020 km/jam dan mampu menjangkau sasaran sejauh 12.000 km. Trident II 5D menjadi senjata andalan kapal selam Amerika Serikat, kelas Ohio. Kelas Ohio membawa 24 rudal nuklir balistik Trident I C4 atau Trident II D5.
Rudal jelajah Amerika Serikat buatan Raytheon, Tomahawk, merupakan rudal jelajah subsonik yang sangat terkenal di dunia. Selain berhulu ledak konvensional, Raytheon juga mengembangkan Tomahawk Land Attack Missile-Nuclear (TLAMN) dengan kepala nuklir W80. Tomahawk dapat meluncur hingga kecepatan 890 km/jam dan menghancurkan target sejauh 1.500 km.

Baca Juga:  Dibantu Israel, Singapura Tetap Pertahankan Pesawat F-5 Tiger

Rudal Tomahawk mulai diproduksi pada 1970 dan telah mengalami peningkatan, hingga Tomahawk Blok IV, yang dapat menghancurkan target di laut dan di darat. Tomahawk dapat diluncurkan dari kapal perang dan kapal selam. Amerika Serikat telah mengubah kapal selam kelas Ohio, USS Michigan, shingga dapat membawa 154 rudal Tomahawk. (TSM Mahanizar Johan)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan