Tim Jupiter TNI AU Akan Beraksi di Singapore Airshow 2018

Tim aerobatik TNI Angkatan Udara, Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiter akan kembali menunjukkan kebolehannya di pentas internasional.

Rencananya JAT akan tampil dalam pagelaran Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, 5-9 Februari 2018. Singapore Airshow adalah perhelatan yang rutin digelar satu kali dalam dua tahun.

JAT rencananya dilepas langsung ke Singapura oleh Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga di shelter JAT di Pangkalan Udara (Lanud), Rabu (31/1/2018) hari ini dan kembali 13 Februari mendatang. Danlanud juga akan ikut dalamr rombongan JAT sebagai Mission Commander.


Sebagai persiapan, The Jupiter yang diawaki enam penerbang itu melakukan latihan selama satu bulan di Lanud Adisutjipto.

Untuk kepentingan tersebut, Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meninjau langsung persiapan akhir JAT sebelum ke Singapura, Selasa (30/1/2018).

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan, keikutsertaan JAT di Singapura Airshow bukan sekadar memenuhi undangan dari AU Singapura, tapi juga untuk menunjukkan kemampuan sumber daya TNI AU kepada dunia luar, baik di bidang penerbangan maupun dalam mengendalikan dan mengoperasionalkan teknologi dirgantara.

“Keikutsertaan The Jupiter ini bukti SDM TNI AU tidak kalah dengan negara lain,” ungkap Novyan.


KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, keberhasilan The Jupiter ini bukan hanya milik TNI AU, namun juga Indonesia.

Baca Juga:  Tank Medium Pindad Kembali Diuji di Pantai Setrojenar Kebumen

Untuk itu, kata dia, saat tampil nanti harus menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan tetap mengedepankan keselamatan.

“Tampilnya JAT adalah harga diri bangsa, oleh karena itu berikan yang terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya. (sindonews.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan