TNI AD Memborong 200 Unit Tank Angkut M113 Versi Arisgator

Saat ini TNI AD sedang dalam proses menyelesaikan pembelian 200 unit tank / kendaraan angkut pasukan jenis M113 buatan Belgia atas lisensi dari FMC Amerika Serikat (AS).

Setelah Tank MBT Leopard, ini adalah jumlah pembelian borongam terbesar yang dilakuin oleh TNI-AD. Dengan total 200 unit maka itu setara dengan kekuatan untuk tiga batalion mekanis.

Lalu apa sih hebatnya?

M113 adalah kendaraan pengangkut pasukan (kita singkat APC= Armored Personel Carrier) memang didesain untuk wilayah tropis. Saat awal pembuatanya, para desainer FMC memang fokus untuk membuat APC yang tangguh melahap medan tropis untuk misi perang Vietnam.

Walhasil, M113 langsung moncer sebagai APC yang terkenal bandel, mudah dirawat, dan cocok digunakan di medan berlumpur maupun di jalan raya. M113 juga mampu mengapung di atas air, hanya saja kemampuan apungnya masih minimalis karena hanya mengandalkan sistem propulsi sederhana mengandalkan gerakan rantai. Jadinya, kecepatan di atas air sangat lambat, jadi gak bisa dimasukin ke kelas amfibi.

Bicara soal daya apung, satu-satunya kekurangan M113 hanya sistem propulsinya yang terlalu sederhana. Walaupun bisa ngapung tapi kecepatanya sangat lambat karena cuma ngandelin gesekan rantai. Jadi belum bisa dimasukin dalam klasifikasi APC amfibi.

Meski awalnya didesain untuk daerah Tropis, tapi kemampuan M113 tenyata cocok untuk segala medan. M113 selalu digunakan oleh tentara AS dimana pun mereka beraksi, dari Perang Vietnam sampai Perang di Suriah.

Bagaimana yang versi TNI-AD?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan