TNI AL Akan membentuk Divisi Drone

Dalam rencana strategis (Resntra) TNI AL Tahun 2020-2024. Tertuang bahwa TNI AL akan membentuk divisi drone. Pembentukan ini juga dibarengi dengan perubahan pejabat pucuk Puspenerbal TNI AL yang harus dijabat oleh perwira bintang dua.

“Dengan adanya validasi organisasi Puspenerbal yang dipimpin bintang dua, salah satunya akan dibentuk divisi drone. Ini yang disiapkan dalam Renstra 2020-2024,” hal tesebut diungkapkan oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops KSAL) Laksda TNI Didik Setiyono.

Dia menuturkan, pengadaan drone dapat dimasukan ke dalam bagian alutsista. Menurutnya, bilamana membahas drone, bisa dilihat dari dua sudut pandang, yaitu masa perang dan masa damai.

“Dalam masa perang bisa kita jadikan sebagai kepanjangan mata dan telinga sebagaimana fungsi pesawat yang saat ini masih kita gunakan. Kalau masa damai kita bisa gunakan untuk patroli membantu kapal-kapal dan drone untuk memberikan informasi kepada kami bahwa di sana ada pelangggaran, di sana ada aktivitas dan lain-lain,” tuturnya.

Baca Juga:  Lembaga HAM Dunia Tuduh TNI dan Polri Masih Jalankan Tes Keperawanan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan