TNI AL Batalkan  Pembelian Tank BTR-4

Korps Marinir TNI AL Indonesia sedang mempersiapkan permintaan surat resmi untuk membatalkan akuisisi lebih lanjut APC BTR-4.

Surat itu akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan Indonesia, sesuai dengan prosedur DPR RI untuk redistribusi alokasi anggaran pertahanan, sehingga dana yang awalnya disisihkan untuk akusisi BTR-4 lanjutan dapat digunakan untuk pengadaan APC jenis lainnya.

Komisi I DPR RI sebelumnya telah menyetujui anggaran sejumlah 95 juta dollar Amerika di bawah anggaran pertahanan negara tahun 2017 untuk menggantikan BTR-50PK dengan BTR-4.


Indonesia menerima batch awal pembelian BTR-4 sebanyak lima unit sesuai pesannan Kementerian Pertahanan Indonesia (MoD) dari UkrOboronProm pada bulan Februari 2014 dan dikirim pada bulan September 2016.


Sejak Oktober tahun yang sama, Kormar telah melakukan uji coba terhadap BTR-4, termasuk uji coba di Cilandak, Jakarta Selatan. Di antara isu-isu yang muncul selama ini adalah bagian depan kendaraan terendam terlalu dalam saat BTR-4 dipacu dengan kekuatan penuh, ungkap pejabat Kormar, dilansir dari IHS Jane (07/04).

Baca Juga:  Tolak Airbus A400M Atlas, TNI AU Tetap Memilih Hercules Sebagai Pesawat Angkut

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan