TNI AL Kembali Akan Terima Kapal Perang PKR 10514 Kedua, KRI I Gusti Ngurah Rai-332

Kapal perang buatan kerjasama PT PAL dan DSNS Belanda kedua jenis frigat (ringan) PKR 10514 SIGMA class bernomer lambung 332 dengan panjang 105 meter, lebar 14 meter yang memiliki kecepatan 28 knots tersebut rencananya akan diserahterimakan kepada TNI AL akhir bulan ini sesuai dengan kontrak dengan Kemhan RI.

Sebagai kapal perang modern yang berteknologi modular, maka kapal hasil kerjasama DSNS Belanda dan PAL Indonesia ini terdiri dari 7 bagian kapal (modul) yang dapat dikerjakan di tempat terpisah untuk kemudian disatukan kembali. Untuk kapal PKR-1 dari 7 modul kapal ini, sebanyak 5 unit dikerjakan di Surabaya dan 2 unit dikerjakan di Belanda, sedangkan untuk PKR-2 sebanyak 6 modul dikerjakan di Surabaya dan 1 modul dikerjakan di Belanda. Perakitan akhir modul-modul kapal ini dilakukan di galangan kapal PT PAL Surabaya.

Kapal frigat (ringan) ini diluncurkan pada 29 September 2016 di PT PAL Surabaya. setelah itu dilakukan uji coba laut/sea trial untuk melakukan uji fungsi dan integrasi sistem tenaga, sistem pemindai dan sistem senjata kapal ini agar dapat dioperasikan secara penuh oleh TNI AL.
Frigat ringan KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR-332) akan menjadi frIgat modern di kelas SIGMA yang kedua di TNI AL setelah pada bulan Januari 2017 yang lalu dilakukan serah terima fregat pertama KRI RE Martadinata-331.
(Facebook TSM)

Baca Juga:  Tank Amfibi BMP-3F Milik Marinir Uji Meriam 100mm

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan