TNI AL Pilih Tank Amfibi Ringan Sprut-SDM1 Untuk Tank PT-76 Yang Menua

Indonesia akan menjadi pengguna pertama tank amphibi ringan Sprut-SDM1 buatan Rusia (SPATG) jika berita yang dilansir janes.com benar. Tank ini akan digunakan oleh Marinir TNI AL untuk mengganti Tank Amphibi PT-76 yang sudah berusia tua.

Ketertarikan Indonesia ini disampaikan oleh direktur eksekutif produsen Kurganmashzavod Pyotr Tyukov, dalam siaran TV Rusia Zvezda belum lama ini.

“The Sprut-SDM1 memiliki kemampuan amfibi dan memiliki senjata berat. Kontrak dengan Indonesia untuk SPATG ini akan segera ditandatangani,” kata Tyukov tanpa menyebutkan jumlah senjata yang akan dibeli oleh Jakarta, melansir Janes.

Sumber Kurganmashzavod mengungkapkan, pabrikan senjata terbesar asal Rusia melihat potensi yang cukup besar di pasar Asia.


Meskipun disebut sebagai Tank Ringan Ampibi, tank yang baru diluncurkan pada bulan Agustus 2018 ini punya senjata yang cukup ampuh.

Sprut-SDM1 ini dilengkapi persenjataan yang kuat, sama seperti tank tempur utama termasuk senjata 125 mm, senapan mesin remote control 7,62 mm dan senapan mesin koaksial 7,62-mm.

Sistem kendali tembak digitalnya yang canggih serta otomatis memungkinkan untuk pendeteksian, pengenalan dan penghancuran sasaran, baik saat bergerak dan berhenti, dalam kondisi jarak pandang yang buruk, siang atau malam, menggunakan pembidik terpisah untuk penembak dan komandan.

Tank amfibi ringan Sprut-SDM1 ini menawarkan perlindungan tingkat tinggi untuk kendaraan di kelasnya. Bobotnya yang rendah dan kemampuan untuk menyeberangi perairan memastikan bahwa tingkat kemampuan lintas medan yang tinggi. Mampu bertarung didataran tinggi ataupun iklim tropis yang panas, termasuk menembakkan senjatanya sambil mengapung.

Baca Juga:  China Kembangkan MLRS Berbentuk Kontainer

Kendaraan Sprut-SDM1 juga dilengkapi dengan sistem persenjataan rudal yang mana dirancang untuk melawan target lapis baja, termasuk yang dilengkapi ERA, dengan jarak hingga 5 km.


Tank ini juga bisa diturunkan dari kapal dan beroperasi siang dan malam di medan yang tak mungkin dilalui oleh kendaraan sejenis lainnya.

2 Komentar

  1. Semoga dalam waktu dekat unit2 Kavaleri dan Artilery Marinir mendapat alutsista dengan daya pukul dahsyat :
    1. Unit tambahan untuk BMP-3F
    2. Unit tambahan untuk Grad
    3. Unit tambahan untuk Sprut SDM1
    Kanon 125 MM Sprut bisa menjadi pukulan telak untuk melibas kubu2 beton musuh dan MBT musuh

Tinggalkan Balasan