TNI AL Sebar Kapal Patroli ke 14 Lantamal

TNI Angkatan Laut (TNI AL) resmi melakukan pemisahan komando kapal-kapal Satuan Kapal Patroli (Satrol) kepada 14 Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) dari Komando Kawasan Armada (Koarmada) Barat dan melantik Komandan Satrol Lantamal lewat sebuah upacara pagi ini. Kapal-kapal itu kini disebar ke 14 Lantamal yang berada di seluruh Indonesia.
KSAL Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, tujuan dari pemisahan komando kapal Satrolbuntuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi jika dibutuhkan reaksi cepat dalam mengamankan wilayah perairan.

Sekaligus, merespons berbagai kerawanan, melakukan operasi keamanan laut, tanggap dalam bencana jika membutuhkan kedatangan kapal patroli tersebut segera.

“Misal ke Natuna, laut Jawa, laut Aru, didukungndari satuan patroli di sana, baru untuk nanti yang terpusat nanti kapal kombatan saja,” ucap Ade Supandi sebagai inspektur upacara di Dermaga Sunda Komplek Satuan Koarmabar I, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara,
Senin (22/1/2018).

Sebelum dilakukannya pemisahan, jika dibutuhkan respons cepat dari datangnya kapal Satrol, maka harus melewati prosesnadministrasi dan berangkat dari daerah tertentu terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi yang dibutuhkan pun menjadi lebih lama.


“Karena (sebelumnya) terpusat di Surabaya dan Jakarta, kemudian dikerahkan ke laut menunggu
lama. Jadi harus ada markas komando Lantamal,” ujar Ade.


Kini, Satkamla Lantamal sudah memiliki kapal dan otoritas sendiri untuk menggerakan komando di daerahnya.

Baca Juga:  Letjen Rick Burr KSAD Australia, Kunjungi Markas Kopassus Bahas Kerja Sama Militer

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan