TNI AL Upgrade Rudal Exocet di Kapal Korvet KrI Usman Harun

TNI-AL berencana untuk meningkatkan rudal anti-kapal Exocet MM40 Block 2 pada KRI Usman-Harun, setelah sistem misi kapal tersebut dimodernisasi .

Rudal MBDA kapal ini akan ditingkatkan ke varian Blok 3, kapal juga akan dilengkapi dengan rudal permukaan pendek jarak pendek MICA VL (peluncuran vertikal) MBDA MICA rudal ke udara. Kapal ini sendiri sebenarnya sudah mampu menembakkan VL MICA tetapi belum dipersenjatai dengan senjata.

Kabar ini muncul setelah Thales dan PT Len Industri menandatangani kontrak pada 10 Maret untuk memodernisasi sistem misi kapal perang ini.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari yang sama Thales mengatakan bahwa pekerjaan peningkatan pada fregat Bung Tomo-kelas 95 m, akan mencakup pemasangan sistem manajemen tempur TACTICOS, udara SMART-S Mk2 -dan-radar pengawasan permukaan, radar STIR EO Mk2 dan sistem kontrol api elektro-optik, dan sistem multi-tujuan R-ESM (radar – langkah dukungan elektronik) Vigile Mk2 yang taktis.

Pekerjaan peningkatan pada sistem misi Usman-Harun diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2023 dan akan memperpanjang umur layanan fregat, kata perusahaan pada saat itu, sistem baru ini jug telah dipasang pada Kapal KRI Raden Eddy Martadinata (SIGMA 10514).

Modernisasi dari dua korvet kelas lainnya – KRI Bung Tomo (357) dan KRI John Lie (358) – diperkirakan juga akan diupgrade setelahnya. Total biaya dalam proses ini sebanyak modernisasi USD60 p untuk KRI Usman Harun.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan