TNI AU Akan Bangun Hanggar Pesawat Tempur di Batam

TNI AU memiliki rencana untuk membangun hanggar untuk kandang pesawat tempur di Bandara Hang Nadim Batam. Ini akan menjadikan Hang Nadim sebagai kandang pesawat tempur setelah sebelumnya hanya untuk menampung pesawat komersil.

“Kami sudah ajukan lahan, letaknya di paling ujung Hang Nadim. Sehingga tak akan menganggu penerbangan komersil,” kata Dan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, pada beberapa waktu lalu.

Wahyu mengatakan permintaan lahan ini juga sudah diajukan ke BP Batam. Dan pihak BP Batam menyambut baik adanya pembangunan hanggar khusus untuk pesawat tempur tersebut.


“Lagi pula ini untuk pertahanan negara,” tuturnya.

Hanggar itu nantinya dipersiapkan untuk dapat menampung sekitar 8 pesawat tempur. Rancangan pembangunan awal, hanggar nantinya fungsikan untuk penempatan pesawat tempur bila ada latihan di Batam. Selain itu juga menjadi tempat “refuel”, bilas saat sedang melakukan tugas.

Saat ditanya apakah nantinya akan ada satu skuadron pesawat tempur ditempatkan di Batam, mengingat daerah ini letaknya berbatasan dengan beberapa negara. “Informasinya ada begitu, tapi hingga saat ini rencana masih untuk refuel dan scramble saja,” tuturnya.

Saat hal ini dikonfirmasi ke General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso membenarkan adanya permintaan lahan ini. Ia mengatakan bahwa pihaknya masih mempelajari dan mendalami permintaan tersebut.

“Sedang dibahas oleh BP Batam,” ujarnya.

Bila permintaan ini diluluskan, makan setiap latihan pesawat tempur TNI AU tak akan lagi menggunakan apron komersil untuk melakukan kegaiatan pengecekan pesawat atau refuel.

Sumber: batampos.co.id

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan