TNI AU Akan Bangun Skadron F-16 di Ambon

Mabes TNI-AU memprogramkan membangun skadron Udara F-16 di Ambon, Provinsi Maluku, pada tahun anggaran 2018.
Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo saat dikonfirmasi, Jumat, mengatakan keberadaan skadron strategis dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas operasi udara yang dilaksanakan TNI AU.

Apalagi, kata Antariksa, Maluku terdiri dari 11 kabupaten/kota dengan 1.340 buah pulau.

Begitu pula dengan 92,4 persen dari wilayah Maluku seluas 712.479,69 Km2 adalah laut.

Strategisnya karena pembangunan skadron Udara F-16 di Lanud Pattimura sebagai salah satu upaya untuk pengamanan mengingat batas wilayah berdekatan dengan wilayah selatan dekat yang secara geografis dekat Austalia.

“Kami saat ini melakukan tahapan survei maupun kesiapan lainnya untuk membangun skadron sebagai unsur operasional yang diprogramkan berkapasitas 12 pesawat tempur F-16,” ujar Antariksa.

Disinggung pemeliharaan pesawat tempur F-16, dia menjelaskan di Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki fasilitas tersebut.


“Pemeliharaan tingkat ringan bisa ditangani di Ambon bila telah dioperasikan,” tandas Antariksa.


TNI- AU saat ini memiliki dua skadron udara yang mengawaki pesawat F-16, yakni skadron udara di Lanud Iswahjudi, Madiun, dan Skadron Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. (antara)

Baca Juga:  Kepolisian Dubai Kerahkan Polisi Robot Untuk Menggantikan Seperempat Pasukannya

1 Komentar

  1. Apakah akan ada pergeseran skadron udara f-16 di lanud Iswahyudi; ataukah akan ada pembelian pesawat tempur F-16 yang lain (baik itu elang gurun atau elang block terbaru)

Tinggalkan Balasan