TNI AU Beli 6 Pesawat Amfibi Pemadam Kebakaran CL-415 Kanada

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengkonfirmasi bahwa TNI AU dipastikan akan membeli pesawat amfibi spesialis pemadam kebakaran Canadair CL-415 dari Kanada. Hal tersebut disampaikan dalam gelar acara sambung rasa dengan para pemimpin redaksi media nasional di ruang VIP Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

“Pesawat CL-415 akan digunakan dalam misi penanggulangan kebakaran hutan yang rutin terjadi di wilayah Pekanbaru,” ujar KSAU.

Selama ini pemerintah menyewa helikopter Mi-17 dari Rusia untuk urusan pemadaman kebakaran hutan. Dengan membeli pesawat CL-415 akan lebih efisien jika Indonesia mengoperasikan sendiri pesawat pemadam kebakaran.

Jika nanti tiba, pesawat itu akan dioperasionalkan di Skuadron 4, tidak akan melakukan pemekaran organisasi.

“Kita tidak buat skadron baru, nanti dimasukkan ke dalam Skadron 4,” ungkap Yuyu.

Untuk efektivitas pengoperasian, pesawat CL-415 akan ditempatkan di Pekanbaru.

Canadair CL-415 (Superscooper, kemudian Bombardier 415) adalah pesawat amfibi berbasis CL-215 dan dirancang khusus untuk pemadam kebakaran. Pesawat ini dibangun oleh Canadair yang kemudian menjadi Bombardier.

CL-415 dapat meraup hingga 6.140 liter (1.620 US gal) air dari sumber terdekat, yang bisa dicampur busa kimia jika diinginkan untuk pemadaman kebakaran.

Sekitar awal tahun 2000, Canadair pernah berkunjung ke Jakarta untuk promo tour pesawatnya. Sejumlah wartawan diajak menyaksikan langsung pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma.

Ketika itu Canadair CL-415 juga melakukan demonstrasi kemampuan penyedotan air di kawasan Ancol.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan