TNI AU Pesan Rudal Sidewinder dan AMRAAM Untuk F-16

Armada tempur TNI AU yang didominasi oleh F-16 akan dipersenjatai dengan rudal udara ke udara seperti AIM 9 Sidewinder dan AIM 120 AMRAAM. Pesanan dari TNI AU juga sudah masuk ke produsenya Raytheon Missile System, Amerika Serikat.

Diberitakan oleh US Departement Of Defense (26/12/2019) Raytheon Missile System telah mendapat kontrak senilai $ 768.283.907 untuk memproduksi rudal AIM 120 AMRAAM lot 33.

Menurut Dephan AS Kontrak ini melingkupi produksi rudal AMRAMM itu sendiri, rudal latih (CATM), pemandu rudal AMRAAM, system telemetri AMRAAM, suku cadang dan perangkat keras pendukung rudal AMRAAM

Kontrak diatas tersebut melingkupi Negara Australia, Belgia, Kanada, Denmark, Indonesia, Jepang, Kuwait, Maroko, Belanda, Norwegia, Oman , Polandia, Qatar, Rumania, Arab Saudi, Singapura, Slovakia, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, Turki dan Inggris, yang menyumbang 47% dari nilai kontrak.

Sebagai informasi pada tanggal 21 Desember 2019 lalu TNI AU menerima unit Captive Air Training Missile (CATM) dari rudal AIM 120 AMRAAM dan AN/AAQ 3 Sniper Pod dari AS. Unit ini merupakan bagian dari pesanan 36 unit AIM 120 AMRAAM pada tahun 2016 lalu senilai 95 Juta USD untuk mempersenjatai F 16A/B MLU

AIM 120 AMRAMM adalah rudal jarak jauh (Beyon Visual Range Missile) buatan Raytheon. Dengan kecepatan 4 Mach, AIM-120 bisa melesat antara 70 – 125 km. Dipandu dengan radar aktif rudal ini mampu mengejar targetnya sendiri begitu ditembakan (fire and forget) ataupun dapat dipandu dari pesawat AWACS untuk mengetahui secara pasti dimana lokasi target.

Baca Juga:  Letjen TNI Andika Perkasa Diangkat Pangkostrad, Menantu Hendropriyono

Sumber: World Defense Zone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan