TNI AU Siapkan 3 Pesawat Untuk Evakuasi WNI dari Wuhan China

Pesawat Boeing 737 milik TNI AU. Foto: Twitter TNI AU

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) saat ini telah meyiapkan tiga pesawat angkut yang terdiri dari 2 Boeing 737 dan 1 Hercules C130, untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di kota Wuhan, China.

Untuk mendukung operasi evakuasi tersebut, 1 pasukan dari Batalyon Kesehatan juga disiagakan siap berangkat menjemput WNI jika ada perintah dan ada peluang.

“Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI @Kemlu_RI @KemenkesRI, TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI,” kata TNI dalam akun twitternya, Rabu (29/1).

Saat ini ada 244 WNI di provinsi Hubei. Adapun di kota Wuhan, ibu kota Hubei, terdapat 93 WNI. Status kota Wuhan sendiri saat ini sedang diisolasi oleh pemerintah China. Tidak boleh ada satu pun alat transportasi darat dan udara untuk keluar dan masuk ke kota tersebut.

TNI AU sudah berpengalaman dalam mengevakuasi WNI di luar negeri yang sedang terancam atau dikepung konflik. Yang terbaru pada 2015, TNI AU mengevakuasi WNI yang ada di Ibukota Sanaa, Yaman yang dikepung pemberontak Huthi.

Hingga kini jumlah warga di China yang terinfeksi virus corona naik drastis menjadi lebih dari 7.000 orang. Sementara korban meninggal akibat Virus Corona di China per Kamis (30/1) mencapai 170 orang.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan