TNI AU Terima Satu Pesawat Patroli CN-235 MPA dari PTDI

Satu pesawat CN-235 Tipe MPA (Maritim Patrol Aircraft) buatan PT Dirgantara Indonesia diserah terimakan di hanggar Skadron 5 Lanud Hasanuddin Makassar yang bermarkas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (4/5/2018).

Proses serah terima yang ditandai dengan aksi terbang rendah CN-235 menyambar di atas Apron Galaktika.

Dengan menggunakan dua armada pemadam kebakaran, semburan air dari arah berlawanan menyambut kedatangan pesawat intai berteknologi canggih CN-235 MPA yang memiliki kemampuan terbang rendah hingga ketinggian 1000 feet.


Iwan Krisnanto yang mewakili PT Dirgantara Indonesia menjelaskan, pesawat pabrikan dalam negeri ini telah dilengkapi sistem komputer yang diintegrasikan dengan sistem sensor hingga memiliki kemampuan menangkap rute dan pancaran frekuensi.

Masih menurut Iwan, pesawat ini juga memiliki kemampuan radar untuk dapat menjangkau antara 100 hingga 200 Notical Mile ditambah dengan kemampuan kamera beresolusi tinggi hingga dapat memaksimalkan proses patroli di wilayah NKRI.

“Kedepannya pesawat jenis CN-235 ini akan dibekali roket, sehingga selain melakukan patroli, juga langsung dapat melakukan penindakan,” ungkap Iwan saat memberikan keterangan pers, di Skadron 5 Hasanuddin, Jumat.


Hingga saat ini, PT Dirgantara indonesia telah membuat 18 unit pesawat yang saat ini telah digunakan oleh Turki sebanyak 9 pesawat, 4 pesawat untuk Korea dan selebihnya digunakan TNI baik Angkatan Udara mauapun Angkatan Laut.

Baca Juga:  TNI AU Akan Bangun Skadron F-16 di Ambon

1 Komentar

Tinggalkan Balasan