TNI Cuma Dapat Tambahan Dana 1,2 Triliun Dari Pengajuan 29 Triliun Rupiah

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI mendapat tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan dan telah disetujui oleh Komisi I DPR.

“Baru separuh dari kebutuhan kita Rp 200 Triliun, yang diberikan cuma Rp 106 triliun, memang kita harus tahu ya ini untuk tentara, rakyat harus menyesuaikan,” ujar Ryamizard usai rapat dengan Komisi I DPR di komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).

Sebelumnya, Ryamizard meminta tambahan anggaran sebesar Rp 29 triliun, namun yang dikabulkan hanya Rp 1,2 triliun.

“Ini ditanggung dari kementerian dan dari RPJPM ya,” terangnya.


Dana itu menurut Ryamizard akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan TNI, baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Itu Rp 1,2 triliun, Rp 500 miliar untuk kebutuhan belanja yang mendesak, kemudian pendidikan Rp 500 miliar, tambahan itu untuk kesehatan Rp 200 miliar,” ucap Ryamizard.

Adanya permintaan penambahan anggaran tersebut dikarenakan anggaran sebelumnya belum bisa mencukupi untuk biaya belanja Kemhan di 2019.

Seperti yang diketahui sebelumnya, dana anggaran belanja Kementerian Pertahanan yang sebelumnya sudah disetujui oleh pihak DPR yakni Rp 106,1 triliun.


Meskipun dana tambahannya hanya disetujui sebesar Rp 1,2 Triliun, namun Ryamizard legowo dengan anggaran yang disetujui DPR.

“Baru separuh dari kita Rp 200 triliun cuma seratus. Kalau dibilang cukup belum cukup, tapi cukup-cukupin ajalah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pakai Biodiesel, Kendaraan Tempur Milik TNI Berisiko Mogok

Sumber: tribunnews.com

1 Komentar

  1. mana bisa optimal bos…1,2 T. TNI perlu untuk melindungi kedaulatan NKRI, taruhannya banyak, mengankan hasil pembangunan, memberikan rasa aman untuk investor bila suasana kondusif. lah me4nding yg dikurangi biaya2 tunjangan2 DPR, DPRD seluruh indonesia, Kunjungan2 dinas yg tidak perlu, seminar2 yg hanya menghabiskan duit, kunker seluruh dinas seindonesia. coba dikumpulkan sdh berapa duit yg terkumpul. bisa beli 1 skuadron pespur Sukhoi terbaru, dan rudal S 400….ini baru mantap…dari pada uang rakyat d pakai wakil rakyat ke KARAOKE….ayo pak presiden berani enggak kasih Tambahan.,

Tinggalkan Balasan