TNI dan Tentara Malaysia Akrab Banget di Sini, Bisa Sama-sama Sedih

12195984_904518062961213_3980526325127065457_n

Prajurit TNI di pos gabungan Entikong, Kalimantan Barat ternyata sangat akrab dengan paratentara Malaysia. Keakraban itu dibangun dengan patroli, apel, hingga main voli bersama. Selama bertahun-tahun dan berganti-ganti personel, tak pernah ada masalah.

KEHARUAN mewarnai pagi yang cerah di Entikong. Puluhan prajurit tampak saling berpelukan. Beberapa tepukan tangan juga mendarat di punggung masing-masing. Mereka tampak berusaha saling menguatkan.

Maklum, kawan yang telah hidup bersama tiga bulan terakhir harus pergi. Berganti tempat. Tapi, masihdengan tujuan yang sama: mengabdi untuk bangsanya.

Pada awal bulan lalu menjadi hari terakhir bagi sepuluh personel Tentera Diraja Malaysia (TDM) berdinas di Poskotis Gabma Entikong, Kalimantan Barat.


Posisinya di pos gabungan yang terletak 2 kilometer dari garis perbatasan itu digantikan sepuluh rekannya sesama TDM.


”Sedih, karena kami sudah akrab sekali. Sudah seperti saudara,” kata Sersan Satu (Sertu) Marwan, prajurit TNI yang bertugas di Entikong.

Meski terletak di wilayah Indonesia, beberapa tentara asal negeri jiran memang ditempatkan di Poskotis Gabma Entikong. Itu merujuk kesepakatan yang diteken kedua negara bertetangga tersebut dasawarsa lalu.

Hal serupa ada di pos perbatasan milik Malaysia. Sepuluh prajurit TNI ditempatkan di Pos Biawak, Sarawak. Malaysia melakukan rotasi per tiga bulan, sedangkan TNI sembilan bulan sekali.

Tugas mereka sama, mengamankan wilayah perbatasan dari sisi luar. ”Kadang mengawal pejabat negara yang melintas dan melakukan kunjungan,” kata Marwan.

Baca Juga:  Amerika Coba Halangi Transaksi Sukhoi Su-30 Antara Myanmar dan Rusia

Karena sudah terbiasa bersama, keakraban dan kekeluargaan pun terbentuk. Mulai patroli hingga apel rutin mereka lakukan bersama. ”Tapi, saat apel, penghormatanya tentu kepada bendera negara masing-masing,” jelasnya.

Bahkan, di luar rutinitas resmi, kebersamaan terus dilakukan. Mulai makan bareng hingga olahraga bersama. ”Kami biasanya main voli,” tuturnya saat ditanya soal olahraga favorit prajurit.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan