TNI dan Tentara Malaysia Patroli Perbatasan Bersama 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diwakili Satgas Pamtas Yonif 614/Raja Pandhita (RJP) dan Tentara Diraja Malaysia (TDRM) melaksanakan patroli bersama mulai Jumat (19/8) lalu guna memastikan patok kedua negara yang serumpun ini tidak bergeser. Patroli bersama itu di mulai dari Serudung Tawau, Sabah, Malaysia. 

Komandan Satgas Pamtas Yonif 614/RJP, Letkol Inf Rudi Setiawan SE mengatakan, patroli bersama merupakan agenda rutin tiap tahun yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi, koordinasi dan menghindari terjadinya kesalapahaman antar kedua negara.

Jumlah personel yang ikut sebanyak 52 prajurit, 26 personel dari tiap masing-masing negara. “Patkor ini dilakukan selama tujuh hari. Pembukaan di Malaysia dan selanjutnya penutupan patkor di Indonesia Jumat (26/8) mendatang,” jelas Rudi Setiawan seperti dilansir laman tni.mil.id, Rabu (24/8).


Selain itu, itu dilaksanakan guna memupuk kerjasama dua institusi berbeda negara tersebut. Sehingga, keduanya dapat mempererat silaturahmi antara militer Indonesia dan Malaysia selama patroli dilakukan.

Lanjutnya, selama tujuh hari dengan jarak tempuh sepanjang garis batas negara adalah 24 kilometer (km) dari Pos Seruyung, Malaysia hingga ke Pos Gabma, Kecamatan Sei Menggaris. Hal ini dilaksanakan guna memastikan patok tidak mengalami pergeseran.
“Jaraknya 24 km dan jumlah patok yang dilewati sebanyak 277 patok,” jelas pria yang memiliki hobi bermain tenis ini.

Ditambahkan, jika nantinya patroli yang dilakukan menemukan adanya patok yang bergeser ataupun hilang, akan segera dilaporkan kepada tim investigasi, refiksasi dan Maintenance (IRM) yang terdiri dari Topografi TNI dan Pemetaan TDRM. Ia memastikan jika nantinya ditemukan adanya patok yang bergeser disebabkan kondisi alam.

Baca Juga:  Ketika TNI Kembali Pertahan Gelar Jago Tembak di ASEAN

“Hasilnya nanti diserahkan ke tim IRM. Jika ada yang hilang ataupun bergeser, tim IRM yang berhak melakukan perbaikan terhadap patok tersebut,” pungkas Rudy Setiawan.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan