TNI Kaji Ulang Kerjasama Setelah Dirut PT PAL Ditangkap KPK

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyikapi dengan tegas atas tertangkapnya Dirut PT PAL Indonesia oleh KPK. Karenanya, Panglima TNI akan mengevaluasi kemitraan institusinya dengan PT PAL Indonesia.

Gatot menegaskan komitmenya pada tata kelola perusahaan yang bersih. Dia mengatakan TNI hanya bermitra dengan perusahaan yang memiliki rekam jejak yang bersih. Keterlibatan petingga PT PAL dalam kasus korupsi menjadi bahan pertimbangan TNI Angkatan Laut (AL) untuk tak lagi melakukan pengadaan kapal laut dari perusahaan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur itu.

“Kalau ada yang tertangkap (Operasi Tangkap Tangan/OTT), itu lebih bagus. Jadi evaluasi supaya tidak dipakai lagi,” ujar Gatot di sela-sela menyaksikan latihan Persatuan Sepak Bola (PS) TNI di Lapangan Atang Sanjaya, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Minggu 2 April 2017 seperti dilansir laman berita, viva.co.id


Pada kesempatan yang sama, Gatot menegaskan TNI tidak memiliki sangkut paut dengan korupsi yang dilakukan petinggi PT PAL. PAL, yang memiliki kepanjangan ‘Penataran Angkatan Laut’, adalah perusahaan rekanan TNI. Namun perusahaan itu tidak memiliki sangkut paut kelembagaan dengan TNI.


“PT PAL itu BUMN, bukan kepunyaan TNI,” lanjut Gatot.

Baca Juga:  KRI Bima Suci Siap Berlayar Perdana dari Spanyol Menuju Indonesia

2 Komentar

  1. kalo sebatas gertakan sih boleh saja pak. tp kalo bener bener tak akan kerja sama dgn PT.PAL rasanya tak mungkin. semua seperti lingkaran jd saling terhubung antara menhan dan PT.Pal (BUMN) TNI hanya user yg memepertimbangkan kebutuhan, dan menhan yg menentukan keputusan final

  2. Aneh pernyataan pa Gatot. Saya gak setuju banget. Bukanya di benahi tapi dimusuhi. DI BENAHI DONK PAAA….. ITUKAN CUMAN OKNUM..
    Contoh2 pemikiran pemimpin tradisional. Bagaimana kita mau bersaing memajukan BUMN strategis indo kalau TNI sendiri yang SDH diwajibkan pemerintah untuk membantu industri nasional dengan menggunakan produk anak bangsa malah tidak mendukung. Prestasi PT PAL sdh sangat membanggakan kog. Terbukti indo mampu menggeser Korea Selatan pada saat Filipina mengadakan tender pengadaan kapal perang nya. Lucu nya negara ini. Kita tahu indo juga awal nya beli dari Korsel kemudian mengembangkan nya. Maka tetangga akan tertawa melihat kita. #Prihatin.

Tinggalkan Balasan