TNI Pamerkan Tari Tradisional Indonesia Pada Nations Day Festival Di Lebanon

Prajurit TNI memamerkan tarian asli Indonesia pada warga Lebanon dalam National Day Parade. Foto: Puspen TNI

Kemeriahan tari tradisional Indonesia ditunjukkan pada acara Nations Day Festival di Zaytuna Bay Beirut Lebanon. Festival ini diikuti oleh 11 stand negara sahabat yang memiliki Kedutaan di Lebanon serta puluhan stand lokal Lebanon. Masing-masing stand berlomba-lomba menampilkan beragam produk khas dan seni budaya/pariwisata  dari negaranya. Festival yang disaksikan ribuan  warga Lebanon ini berlangsung  tanggal 9 s.d 11 Juni 2017.

Prajurit KRI Bung Tomo-357 yang sedang melaksanakan misi perdamaian di Lebanon turut andil mendukung KBRI Beirut dalam pembukaan festival ini dengan menampilkan 2 jenis tarian yaitu tari Bali dan tari kreasi nusantara. Selain itu,  beberapa prajurit KRI juga menjadi perhatian bagi masyarakat Lebanon maupun wisatawan yang hadir pada festival tahunan tersebut karena kostum daerah yang dikenakannya mewakili beberapa suku di Indonesia tampil di depan tenda stand Indonesia.

Keterlibatan Indonesia dalam festival budaya di Lebanon ini patut dibanggakan karena dari 11 negara peserta, hanya dua negaralah yang menampilkan seni tarinya yakni Turki dan Indonesia. Turki tampil dengan tarian Sufinya (wirlhing Dervishes) dan Indonesia tampil dengan tarian Bali dan kreasi nusantaranya. Yang lebih menarik dari penampilan tarian tradisional Indonesia adalah kostum penarinya yang beragam mulai dari kostum baju adat daerah Bali, baju khas Dayak Kalimantan, Purbalingga, Cilacap Banyumasan, Madura. Tidak ketinggalan pula kostum prajurit kraton Yogyakarta, kostum warok ponorogo, serta beberapa tokoh pewayangan seperti Punakawan, hanoman, gatotkaca yang menggambarkan betapa kayanya budaya Indonesia.

Baca Juga:  Indonesia Tekan Kontrak Pembuka Untuk Pembelian Kapal Frigat Iver Huifeldt

Kegiatan ini dibuka Menteri Pariwisata Lebanon pada hari Jumat malam tanggal 9 Juni 2017 dan dihadiri oleh Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon H.A.Chozin Chumaidy serta duta besar negara sahabat yang lain.

sumber: Puspen TNI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan