Tonggak Sejarah Baru India, Pesawat Tempur Bikinan Sendiri Mendarat di Kapal Induk

Betapa bangganya warga bangsa India, Pesawst Tempur buatan anak bangsanya sukses mendarat di Kapal Induka INS Vikramaditya di Laut Arab. Ini adalah tonggak sejarah bagi negara hindustan.

“Setelah menyelesaikan uji coba ekstensif pada Fasilitas Uji Berbasis Pantai (SBTF), versi Angkatan Laut dari Light Combat Aircraft (LCA) Tejas telah melakukan pendaratan yang di atas kapal Induk Vikramaditya, pada jam 10:02 hari ini,” kata DRDO dalam siaran pers.

HAL Tejas adalah pesawat tempur ringan bermesin tunggal dan AL India sedang mencari pesawat tempur bermesin ganda yang diproyeksikan siap untuk tahun 2030an mendatang.

Tender untuk pengadaan telah dibuka untuk pengadaan 57 pesawat tempur bermesin ganda berbasis kapal induk tersebut dengan salah satu kandidat favorit adalah F/A-18 Blok III Super Hornet yang ikut berpartisipasi dalam kompitisi tersebut.

Saat ini AL India mengoprasikan MiG-29K Fulcrum yang sedang menderita masalah suku cadang dan kemampuan terbangnya dari atas Kapal Induk kurang mumpuni, serta sering mengalami hard landing saat mendarat.

“Pesawat MiG-29K yang dipasang untuk beroperasi di geladak kapal induk, sering hard landing dan yang mengakibatkan pesawat tempur membutuhkan pemeliharaan yang sering,” kata seorang pejabat Angkatan Laut kepada Defense News.

“Akibat pendaratan keras, MiG-29K sering mengalami cacat struktural karena pendaratan di dek Kapal Induk,” tambah pejabat itu. Selain itu ada pesawat Sea Gripen dan Rafale-M yang ikut bersaing dalam kompitisi tender Indian Navy.

Baca Juga:  Arab Saudi Bantah Mendapat Subsidi Militer dari Amerika Serikat

https://twitter.com/indiannavy/status/1216009855925772290?s=19

1 Komentar

  1. “Betapa bangganya warga India”…. wkwkwkwk…. dengan ketimpangan yang miskin dengan yg kaya begitu besar… apa yg mau dibanggakan…

Tinggalkan Balasan