Tradisi Kenaikan Pangkat Bagi Hantu Laut TNI AL

Setiap kesatuan di TNI punya tradisi tersendiri untuk merayakan kenaikan pangkat anggotanya. Nah kali ini kami menyajikan tradisi dari lingkungan Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib)-1 Marinir. Batalyon elite milik Marinir yang punya julukan Hantu Laut.

Karena alam tugas mereka adalah laut. Tradisi kenaikan pangkat dengan dicemplungkan ke laut dekat lambung kapal yang sedang lego atau kolam tepi dermaga.

Namun bagi para prajurit yang pangkatnya naik satu tingkat lebih tinggi itu akan ada tradisi penyiksaan. Seperti yang dialami oleh 7 anggota Yontaifib setelah upacara kenaikan pangkat di Lapangan Kurusetra, ksatrian Yon Taifib-1 Mar, Bhumi Marinir Karangpilang.

Dalam posisi masih mengenakan pakaian dinas harian lengkap, tujuh serdadu yang hari itu mendapat kenaikan pangkat tidak bisa menghindar saat rekan-rekannya menggotong dan ramai-ramai memegangi dan memasukkan ke dalam bak.

Prajurit yang promosi pangkat tersebut tidak hanya direndam. Mereka dimasukkan ke dalam air dengan posisi kepala di bawah. Persis seperti ”Penyiksaan” ketika masa pendidikan jadi Hantu Laut.

Komandan Yon Taifib-1 Mar Letkol Marinir Rivelson Saragih yang memimpin upacara mengatakan, kenaikan pangkat prajuritnya merupakan penghargaan yang diberikan oleh negara.

”Kenaikan pangkat bukanlah hadiah. Tapi, merupakan hasil jerih payah,” tegas Rivelson. Apresiasi diberikan atas prestasi dan dedikasi para prajurit dalam melaksanakan tugas kewajiban dan tanggung jawab yang diemban.

Baca Juga:  DPR Sarankan TNI Punya Nuklir

Selain itu juga merupakan kehormatan serta kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada prajurit dengan harapan mampu menunjukkan dan mempertanggungjawabkan makna kenaikan pangkat secara moral.

Tujuh prajurit yang menyandang pangkat baru merupakan periode 1 Oktober 2016. Perinciannya, seorang dari letnan dua ke letnan satu, lima orang dari praka ke kopda, dan seorang dari pratu ke praka.

”Kenaikan pangkat ini harus dijadikan motivasi sebagai pendorong semangat dan tekad untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi Korps Marinir, TNI AL, TNI, bangsa dan negara, serta untuk Batalyon Intai Amfibi,” tukasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan