Tradisi Penyematan Wing Kepada 51 Calon Penerbang

51 Calon Penerbang Militer Ikuti Tradisi
Penyematan Wing Penerbang

Kamis, 26-07-2018
YOGYAKARTA – Sebanyak 51 calon penerbang militer Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI Angkatan 93 (A 93) melaksanakan tradisi penyematan wing penerbang di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (25/7/2018). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wing Day Sekbang A 93.

Tupdik Sekbang Angkatan 93 akan dilaksanakan 2 Agustus mendatang dilanjutkan dengan Wing Day sehari setelahnya di Lanud Adisutjipto. KSAU Marsma TNI Yuyu Sutisna akan memimpin langsung acara Wing Day tersebut.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan
(Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menjelaskan tradisi penyematan wing penerbang diawali dengan pendadakan di Ksatrian Wirambara, kemudian ziarah ke makam TNI AU di Ngoto, Banguntapan, Bantul, setelah itu menuju Tugu Yogyakarta. Dari Tugu long march sampai Tugu Garuda Maguwo dan diakhiri dengan upacara penyematan wing penerbang di Base Pps Lanud Adisutjipto.

“Selesai upacara penyematan wing penerbang dilanjutkan dengan tradisi mandi suci yaitu oleh seluruh pejabat dan instruktur lalu diteruskan dengan mencium bendera Merah Putih. Tradisi ini bermakna kesiapan dan kesucian jiwa dan raga dalam mengawali pengabdian kepada bangsa dan negara,” katanya.

Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Tedi Rizalihadi dalam sambutannya
mengatakan kegiatan tradisi yang dilaksanakan merupakan bentuk kebanggaan dan penghargaan terhadap almamater serta proses pendidikan Sekbang. Untuk itu dia mengajak kepada para calon penerbang militer untuk menghayati dan meresapi makna tradisi yang baru saja dilaksanakan.

Baca Juga:  TNI AL Armada Timur Laksanakan Latihan Pertahanan Pantai dan Penembakan Torpedo

“Brevet yang merupakan kebanggaan tersebut harus mampu kalian jaga dan junjung tinggi di mana pun kalian berada. Sebab tidak semua orang mampu dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan serta membutuhkan perjuangan yang panjang untuk mendapatkan,” katanya.


Sumber: Sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan